URGENSI PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KELUARGA ISLAMI DI KELURAHAN BAJI PA’MAI KECAMATAN MAROS BARU KABUPATEN MAROS

  • Sampara Palili STIT Sunan Giri Bima Nusa Tenggara Barat

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan pendidikan agama Islam sebagai salah satu aspek penting dalam membangun keluaga islami di Kelurahan Baji Pa’mai Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros. Pokok permasalahan penelitian lapangan ini adalah urgensi pemahaman materi pendidikan Agama Islam terhadap anggota keluarga dalam upaya membangun keluarga islami di Kelurahan Baji Pa’mai Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros. Hasil penelitian mengungkap urgensi pemahaman materi pendidikan Agama Islam terhadap anggota keluarga dalam upaya membangun keluarga islami di Kelurahan Baji Pa’mai adalah pemahaman materi Pendidikan Agama Islam melalui pendidikan formal maupun non formal.Salah satu usaha yang harus ditempuh adalah dengan memperdalam pengetahuan tentang Islam melalui jalan pendidikan Islam, karena pendidikan Islam baik formal maupun non formal adalah satu-satunya jalan yang akan memberikan pemahaman kepada anggota keluarga, bagaimana cara membangun keluarga islami. Adapun faktor-faktor yang menghambat dan mendukung upaya keluarga memahami materi pendidikan Islam dalam membangun keluarga islami adalah faktor internal dan eksternal, di antaranya besarnya keinginan masyarakat membangun keluarganya terlihat dari tingginya partisifasi masyarakat mengikuti kegiatan pengajian dan pelatihan-pelatihan yang diadakan pemerintah setempat. Adapun beberapa faktor penghambat adalah minimnya fasilitas sarana dan prasarana penunjang kegiatan pengajian dan pelatihan yang ada di kelurahan Baji Pa’mai Kecamatan Maros Baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-31
How to Cite
PALILI, Sampara. URGENSI PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KELUARGA ISLAMI DI KELURAHAN BAJI PA’MAI KECAMATAN MAROS BARU KABUPATEN MAROS. AL - IBRAH, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 128-151, dec. 2017. ISSN 2580-0663. Available at: <http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/33>. Date accessed: 22 feb. 2018.
Section
Articles