NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM ISLAM NUSANTARA

Kajian Pedagogis atas Narasi Islam Nusantara Nahdhatul Ulama

  • Yunita Hariyani STKIP PGRI BANGKALAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bertujuan untuk menembus  dan menghancurkan fanatisme sektarianisme sebagai makhluk yang meninggalkan masa keemasan dan kejayaan Islam nusantara. Metode yang digunakan library research (riset kepustakaan). Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan analisa data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agama dan budaya tidak bertentangan satu dengan yang lainnya dan tidak menjadi sumber perpecahan dalam masyarakat. Sehingga Pendidikan Islam Multikultural akan sangat urgen untuk menghadirkan fleksibelitas dan keterbukaan antar ummat beragamaa dalam keberamagaman nusantara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
How to Cite
HARIYANI, Yunita. NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM ISLAM NUSANTARA. AL - IBRAH, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 21-38, dec. 2018. ISSN 2580-0663. Available at: <http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/53>. Date accessed: 17 feb. 2019.
Section
Articles