PENDIDIKAN MORAL SEBAGAI INTERAKSI SOSIAL

Paradigma Islam dan Buddha Dalam Menciptakan Perdamaian

  • Mundiroh Lailatul Muawaroh STIT Al – Ibrohimy Bangkalan

Abstract

Tulisan ini bermaksud untuk membahas mengenai salah satu ajaran agama yaitu pendidikan moralitas sebagai interaksi sosial untuk menciptakan perdamaian. Melihat seringnya terjadi konflik dan sentimen antar kelompok, sesama manusia dan lain sebagainya, oleh karena itu perlu kiranya untuk melihat kembali ajaran agama yang diturunkan sebagai pedoman hidup manusia. Namun penelitian ini dilakukan dengan library reseach. Metode penelitian pustaka digunakan karena ingin mengulas kembali ajaran agama (moral) dari beberapa pustaka yang ada termasuk dari kitab suci Buddha dan Islam.


Untuk itu penelitian kali ini tidak hanya membahas apa itu moral, namun lebih melihat kembali relevansi ajaran agama yang digunakan sebagai interaksi sosial. Penelitian ini dapat membantu menganalisis dan menyumbang dalam ranah keilmuan mengenai fenomena kekerasan yanga ada. artinya, ajaran agama tidak hanya sebatas dipahami secara sempit, namun secara luas termasuk dalam kehidupan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
How to Cite
MUAWAROH, Mundiroh Lailatul. PENDIDIKAN MORAL SEBAGAI INTERAKSI SOSIAL. AL - IBRAH, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 170-196, dec. 2018. ISSN 2580-0663. Available at: <http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/59>. Date accessed: 18 feb. 2019.
Section
Articles