JEMI https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi <p><strong>JEMI : Jurnal Edukasi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah </strong>merupakan jurnal ilmiah yang memuat hasil penelitian, analisis, atau tinjauan pustaka di bidang pendidikan Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan IPS untuk jenjang Pendidikan Dasar. Model Pembelajaran di Sekolah Dasar, Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Kurikulum Sekolah Dasar, Literasi Dasar, Manajemen Sekolah Dasar, Kebijakan di Sekolah Dasar.</p> <p>Jurnal ini diterbitkan Dua Kali dalam setahun edisi <strong>Bulan Maret dan Oktober</strong></p> en-US ryfa93@gmail.com (Nurul Makrifah) vivialvi8@gmail.com (Yuliana Alfiyatin) Wed, 05 Mar 2025 13:36:40 +0700 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Development of Quran Hadith Teaching Materials in Improving Student Learning Outcomes in Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/506 <p>Quran Hadith subjects are very important to be mastered by students considering the importance of the Quran Hadith as a source of Islamic teachings. However, the reality in Madrasah Ibtidaiyah, students do not fully understand the Quran Hadith. One of the factors is that the teaching materials used do not encourage increased student learning outcomes, therefore, it is necessary to develop Quran Hadith teaching materials to improve the learning outcomes of students. This study aims to produce a design of Quran Hadith teaching materials to improve learning outcomes, describe the implementation of Quran Hadith teaching materials that have been developed to improve learning outcomes, describe the effectiveness of developing Quran Hadith teaching materials to improve learning outcomes. This type of research is a development research with reference to the ADDIE development model which consists of five stages, including the stages of analyze, design, develop, implement, evaluate. The results of the study indicate that the design of the development of Quran Hadith teaching materials to improve learning outcomes refers to the ADDIE development model, and is based on the principles of developing teaching materials which include the accuracy of coverage and accuracy of content, completeness of components, presentation of language and appropriate illustrations. The implementation of teaching materials was carried out 4 times in a limited trial, and 6 meetings in a broad trial. The development of Quran Hadith teaching materials to improve learning outcomes was declared effective with an increase in student learning outcomes in the psychomotor aspect with an average pretest score of 73, and a post-test of 91, with an increase in N-Gain of 0.66 in the moderate category. From the cognitive aspect, the pretest results showed an average score of 68.5, the average post-test score of 85.75 with an increase in N-Gain of 0.54.</p> Nurul Makrifah; Nur Fauzi Copyright (c) 2025 Nurul Makrifah; Nur Fauzi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/506 Wed, 05 Mar 2025 13:35:37 +0700 Implementasi Pendidikan Guru PAI dalam Mengembangkan Sikap Spiritual siswa Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/521 <p>Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data-data penelitian dengan mengambil dari berbagai data baik itu berbentuk primer maupun sekunder yang sesuai dengan tema penelitian. Teknik analisis data melalui tahapan-tahapan sebagai berikut : penjodohan pola, pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu. Hasil penelitian di Madrasah Tsanawiyah Bontocinde ini menunjukkan bahwa; 1) Desain Mengembangkan sikap spiritual berbasis pendidikan agama Islam memiliki format sesuai dengan kurikulum 2013 yang diadopsi oleh Madrasah, proses desainnya melalui beberapa format yaitu : a) Silabus Pembelajaran, b) Kompetensi inti dan kompetensi dasar, c) Indikator pencapaian, dan d) Penilaian (Observasi, Penilaian diri, Penilaian antar peserta didik, dan Jurnal). 2) Implementasi Mengembangkan sikap spiritual dilaksanakan melalui beberapa pembagian kegiatan berupa : a) kegiatan intrakurikuler di Madrasah, b) kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah, dan c) kegiatan dan lomba keagamaan di Madrasah. 3) Evaluasi Mengembangkan sikap spiritual sebagai upaya pengembangan madrasah yakni dilakukan melalui evaluasi dalam proses pembelajaran dan evaluasi pada kegiatan ekstrakurikuler yang terlaksana di Madrasah</p> Ibnu Amiruddin Copyright (c) 2025 ibnu's Amiruddin https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/521 Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700 IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI PANCASILA MODOPURO MOJOKERTO https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/526 <p>Jumlah masyarakat buta huruf Al-Quran di Indonesia mencapai 38,49%. Keadaan ini menjadi permasalahan bagi Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Permasalahan ini disebabkan karena belum adanya metode yang tepat dalam mempelajari Al-Quran. Metode Ummi kemudian hadir dengan komitmen menyelesaikan permasalahan buta aksara Al Qur’an. Materi Tajwid dan Makharijul Huruf menjadi salah satu inti metode pembelajaran Ummi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami, menganalisis dan mendeskripsikan metode Ummi yang dikembangkan di MI Pancasila Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Koordinator Ummi, dan Peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan metode Ummi meningkatkan keterampilan membaca Peserta didik pada aspek hafalan, makhorijul huruf, serta terdapat faktor pendukung dan penghambat didalamnya.</p> Kusnul Munfa'ati, Ega Aisa Dita , Nabillah Aisringgani , M. Sulaiman Copyright (c) 2025 Kusnul Munfa'ati, Ega Aisa Dita , Nabillah Aisringgani , M. Sulaiman https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/526 Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700 PENGUATAN PERAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN MORAL ANAK https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/446 <p>Pembentukan moral anak sangat ditentukan oleh pengaruh keluarga. Atas dasar itulah, maka keluarga sebagai pemeran utama dalam pembentukan moral si anak. Upaya pembentukan moral anak di era informasi abad ini memang bukanlah perkara yang mudah, tetapi harus dilakukan sekarang (<em>hic et nunc</em>). Orangtua harus mampu menempatkan diri sebagai pendidik pertama dan utama. Anak adalah foto copy perilaku moral si anak, sehingga orang tua harus menjadi sumber belajar yang utama bagi anak. Jika orangtua mampu memperlihatkan nilai-nilai yang positif, maka anak-anak akan belajar untuk melakukan hal-hal yang baik dan benar. Keluarga yang terdidik baik merupakan fondasi masyarakat dan bangsa agar sehat dan kuat. Pendidikan dalam keluarga menjadi penting untuk mempersiapkan seorang anak untuk masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.</p> Ishaq Syahid Copyright (c) 2025 Ishaq Syahid https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/446 Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MI https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/533 <p>Learning that emphasizes critical thinking skills is essential to equip students with the ability to analyze, evaluate, and solve problems. One approach that can foster these skills is the Problem Based Learning (PBL) model, which encourages students to actively search for solutions to real-world problems. This study aims to examine the impact of implementing the PBL model on the critical thinking skills of students in Madrasah Ibtidaiyah. The research question addressed is how the application of PBL can enhance students' critical thinking skills compared to conventional teaching methods. This research uses an experimental design with a pretest-posttest control group approach. The sample consists of two groups: an experimental group using the PBL model and a control group using conventional methods. Data was collected through pretest and posttest assessments of critical thinking skills. The results show that the experimental group experienced a significant improvement in critical thinking skills, with a higher posttest average score compared to the control group. Based on these results, it can be concluded that the PBL model is effective in enhancing the critical thinking skills of students in MI.</p> Dewi Niswatul Fithriyah, Mashari Copyright (c) 2025 Dewi Niswatul Fithriyah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/533 Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700