Roma Jurnal Institut Bahri Asyiq Galis Bangkalan hadir sebagai wadah ilmiah yang berperan penting dalam menggerakkan ekosistem pengetahuan melalui dua fungsi utama: produksi dan konsumsi pengetahuan. Sebagai ruang produksi, Roma Jurnal ini menjadi tempat bagi para peneliti, dosen, dan praktisi untuk menyampaikan gagasan, hasil penelitian, serta refleksi kritis terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan praktik di lapangan. Melalui proses seleksi dan penelaahan sejawat (peer review), setiap artikel yang diterbitkan tidak hanya merepresentasikan capaian akademik, tetapi juga menjadi kontribusi nyata dalam memperkaya khazanah keilmuan di bidangnya.

Sebagai ruang konsumsi pengetahuan, Roma Jurnal membuka akses bagi pembaca, akademisi, dan masyarakat luas untuk memanfaatkan karya-karya ilmiah sebagai sumber belajar, rujukan penelitian, maupun inspirasi pengembangan kebijakan dan praktik profesional. Proses ini menciptakan siklus intelektual yang dinamis, hasil produksi pengetahuan menjadi bahan konsumsi produksi baru pengetahuan yang terus bergerak dan berkembang.

Journals

  • Khazanah : Jurnal Bahri Asyiq

    Khazanah : Jurnal Bahri Asyiq bertujuan untuk mendokumentasikan dan mempromosikan Khazanah Keilmuan Islam yang dihasilkan oleh mahasiswa, dosen maupun praktisi baik dalam bentuk penelitian, eksplorasi pemikiran, maupun karya kreatif. Jurnal ini menyediakan ruang atau wadah publikasi penelitian bagi penulis untuk berbagi wawasan, memperdalam keilmuan, dan menumbuhkan kontribusi akademik yang kaya, relevan, dan kontekstual dalam kerangka ilmu pengetahuan yang berfokus pada eksplorasi, analisis, dan kritik terhadap Tradisi Intelektual Islam dan Dimensi Spiritual (Tasawuf), serta hubungannya dengan Studi Keislaman Interdisipliner dalam konteks modern dan kontemporer.

  • Qanun

    Qanun: Jurnal Hukum Islam dan Tata Negara, jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerima artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian konseptual yang ditulis oleh dosen, mahasiswa, dan praktisi dalam bidang Hukum Islam dan Hukum Tata Negara. Tujuan dari jurnal ini untuk menyebarluaskan hasil-hasil kajian ilmiah di bidang hukum yang berfokus pada pengembangan pemikiran Hukum Islam dan sistem Hukum Tata Negara. Jurnal ini juga bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas penelitian hukum yang relevan dengan dinamika masyarakat, serta memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu hukum yang berbasis nilai-nilai keislaman dan kebangsaan.

  • BAHRI

    BAHRI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh STIT Al-Ibrohimy Bangkalan. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerima artikel ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang ditulis oleh dosen, mahasiswa, dan praktisi dari berbagai bidang ilmu. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan hasil-hasil pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh para dosen, mahasiswa, dan praktisi. Jurnal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengabdian masyarakat di Indonesia.

  • JEMI

    Jurnal Edukasi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is a scientific journal that contains research results, analyses, or literature reviews in the fields of religious education, mathematics, science, Indonesian language, civic education, and social science education for primary education levels. Learning Models in Elementary Schools, Learning Media in Elementary Schools, Elementary School Curriculum, Basic Literacy, Elementary School Management, Policies in Elementary Schools. This journal publishes research studies that use various qualitative, quantitative, and/or developmental methods and approaches.

    This journal is published twice a year in March and October editions.

  • GAHWA

    GAHWA : Pendidikan Agama Islam aims to present research reports and literature reviews on Islamic Education in Indonesia, but research reports from other regions are not excluded. This journal is peer-reviewed to ensure that only high-quality manuscripts are accepted for publication. Articles published in this journal focus primarily on Islamic Education.

  • WALADI

    Wawasan Belajar Anak Usia Dini is a leading scientific journal dedicated to in-depth exploration of the learning process, growth, and holistic development of children in the golden age range (0–6 or 0–8 years). This journal is published by the Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini at STIT Al – Ibrohimy Bangkalan. Published twice a year (June and December). Online ISSN: 3025-8367, DOI: https://doi.org/10.61815/waladi

    We invite academics, researchers, early childhood education or PG-PAUD lecturers, teachers, and practitioners to publish original research results, literature reviews oriented towards best practices, and transformative solutions. This journal is peer-reviewed to ensure that only high-quality manuscripts are accepted for publication.

    This journal can be a reference for: 1. Pedagogical Innovation: Analyzing the effectiveness of media, technology, and teaching strategies that are child-friendly and relevant to the Indonesian cultural context. 2. Educator Professionalism: Examining the improvement of teacher competence, PAUD institutional leadership, and early childhood education quality management. 3. Family Involvement (Parenting): Exploring the crucial role of parents and parenting patterns that support child growth and development in the home and community environments.

  • Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam

    Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam is a high-quality, open-access, peer-reviewed journal published by STIT Al-Ibrohimy Bangkalan, East Java, Indonesia. e-ISSN : 2580-0663, p-ISSN : 2088-1886 DOI : https://doi.org/10.61815/alibrah

    Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam is a scientific medium that focuses on publishing academic works in the field of Islamic education and Islamic science. This journal aims to provide a credible scientific forum for presenting original research results, literature reviews, and innovative ideas that contribute to the development of Islamic education theory and practice, published twice a year (June and December).