https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/issue/feed WALADI 2025-10-01T08:00:49+07:00 Abd. Azis aziesfirdaus78@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Jurnal : Wawasan Belajar Anak Usia Dini </strong>bertujuan untuk menyajikan laporan hasil penelitian dan hasil kajian literatur tentang PAUD/PIAUD di kawasan Indonesia, namun laporan penelitian dari daerah lain tidak dikecualikan. Jurnal ini adalah "<em>peer review</em>" untuk memastikan bahwa hanya manuskrip berkwalitas baik yang diterima untuk publikasi. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini memiliki fokus utama pada anak-anak berusia dari lahir hingga delapan tahun.</p> <p>&nbsp;</p> https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/679 Pengaruh Program Makan Bergizi Gratis Terhadap Perkembangan Fisik Anak Usia Dini 2025-07-24T15:42:11+07:00 Dwi Aminatus Saadah dwiaminatussaadah@gmail.com Nurlaili Dina Hafni aziesfirdaus78@gmail.com Misbahul Huda nino@yahoo.co.id Anikmah niaindahpurnamasari@stai-ypbwi.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program makan bergizi gratis terhadap perkembangan fisik anak usia dini di TK A TK Ihyaul Ulum Lamongan. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya gizi sebagai faktor utama dalam mendukung pertumbuhan fisik anak, khususnya pada masa usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Subjek penelitian adalah 30 anak kelompok TK A yang mengikuti program makan bergizi gratis selama tiga bulan. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam perkembangan fisik anak setelah mengikuti program, yang ditunjukkan oleh perubahan positif pada berat badan, kekuatan motorik, dan daya tahan tubuh anak. Program ini terbukti efektif dalam mendukung tumbuh kembang anak usia dini di lingkungan pendidikan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kebijakan layanan PAUD yang holistik dan integratif berbasis gizi.</p> 2025-06-24T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Dwi Aminatus Saadah https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/713 Strategi Implementasi Pendidikan Islam Multikultural pada Anak Usia Dini: Systematic Literature Review 2025-09-30T08:14:46+07:00 Ulfadilah ulfadylah@gmail.com Luluk Alfiya lulukevisyukur@gmail.com Muksin muksin@stital.ac.id Siti Amaliati amalifillah@gmail.com Ely Fitriani elyfitriani@iainsorong.ac.id <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Pendidikan Islam multikultural pada anak usia dini memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai toleransi, menghargai keberagaman, serta membangun fondasi karakter inklusif sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis implementasi pendidikan multikultural dalam konteks PAUD Islam melalui pendekatan <strong><span style="font-family: 'Book Antiqua',serif; font-weight: normal;">Systematic Literature Review (SLR)</span></strong>. Metode penelitian dilakukan dengan menelusuri artikel ilmiah terindeks pada basis data internasional dan nasional, menggunakan kriteria inklusi berupa publikasi lima tahun terakhir, akses terbuka, serta relevansi dengan topik pendidikan Islam dan multikulturalisme pada anak usia dini. Dari 57 artikel yang ditemukan, sebanyak 10 artikel terpilih untuk dianalisis mendalam sesuai pedoman <strong><span style="font-family: 'Book Antiqua',serif; font-weight: normal;">PRISMA 2020</span></strong>.</span><span style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Hasil telaah menunjukkan bahwa implementasi pendidikan Islam multikultural di PAUD dilakukan melalui integrasi kurikulum berbasis kearifan lokal, penerapan pedagogi inklusif, pelibatan orang tua, serta penguatan nilai-nilai Islam yang sejalan dengan prinsip <em>rahmatan lil ‘alamin</em>. Temuan ini konsisten dengan teori pendidikan multikultural Banks, khususnya pada dimensi integrasi konten, pengurangan prasangka, dan pemberdayaan budaya sekolah. Namun, tantangan masih muncul terkait keterbatasan kompetensi guru, resistensi sebagian masyarakat terhadap praktik multikultural, serta keterbatasan sumber daya pendidikan.</span><span style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan kapasitas guru, dukungan kebijakan pendidikan yang progresif, serta pengembangan kurikulum multikultural berbasis Islam. Kajian ini memberikan kontribusi teoretis sekaligus praktis dalam membangun model pendidikan Islam inklusif di tingkat PAUD, serta membuka arah baru penelitian untuk mengukur dampak jangka panjang pendidikan multikultural pada perkembangan anak.</span></p> 2025-07-24T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Ulfadilah, Luluk Alfiya, Muksin, Siti Amaliati, Ely Fitriani https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/712 Manajemen Asesmen Formatif PAUD berbasis AI-Powered Assessment: Studi Komparatif Efisiensi Guru Dan Akurasi Pelaporan Perkembangan di RA Ta Kottah Daleman 2025-09-30T09:15:01+07:00 Abu Siri abusiri.lakar@gmail.com Abdu Azis aziesfirdaus78@gamil.com <p>Penelitian ini mengkaji pengalaman guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam praktik asesmen formatif dengan membandingkan dua pendekatan: pemanfaatan sistem AI-Powered Assessment dan metode tradisional berbasis manual. Tujuan utamanya adalah mengungkap bagaimana guru memaknai efisiensi kerja, menghadapi tantangan manajemen data, serta menjaga akurasi dan kedalaman pelaporan perkembangan anak. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus komparatif digunakan untuk menelaah dua guru di RA Ta Kottah Daleman, Kecamatan Galis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, serta analisis dokumen berupa laporan perkembangan anak. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa integrasi AI secara signifikan menyederhanakan proses dokumentasi dengan mengurangi beban administratif, namun menuntut keterampilan baru dalam validasi dan interpretasi data. Sebaliknya, metode manual memungkinkan laporan yang lebih personal, tetapi cenderung tidak konsisten dan lebih memakan waktu. Kesimpulan utama menegaskan bahwa penerapan AI dalam asesmen PAUD tidak hanya memerlukan infrastruktur teknologi, tetapi juga strategi penguatan kapasitas guru agar mampu memadukan objektivitas sistem dengan sensitivitas profesional mereka, sehingga menghasilkan laporan perkembangan yang lebih komprehensif dan bermakna.</p> 2025-07-24T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Abu Siri, Abdu Azis https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/710 Menabung Awal dari Kesejahteraan : studi kasus di TK alhidayah parseh 2025-10-01T08:00:49+07:00 ishaqq ishaq ishaqsayhid19877@gmail.com <p><strong>Abstrak:</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program menabung dan dampaknya dalam membentuk karakter hemat anak serta peran orang tua di TK Al-Hidayah Parseh. Latar belakang penelitian adalah fenomena gaya hidup konsumtif di era digital yang menggerus budaya menabung sebagai fondasi kesejahteraan finansial jangka panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan orang tua, penyebaran angket kepada orang tua, dan studi dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program "Jumat Berkah" diimplementasikan secara sistematis dan konsisten dengan menggunakan celengan transparan dan pendekatan belajar sambil bermain, yang sesuai dengan teori perkembangan kognitif Piaget; (2) Program tersebut berdampak signifikan pada pembentukan karakter hemat anak, termasuk kemampuan menunda kepuasan (delayed gratification) dan rasa tanggung jawab, yang sejalan dengan teori pembentukan kebiasaan Lieberman; (3) Meskipun persepsi orang tua sangat positif, terdapat variasi dalam tingkat pendalaman nilai menabung di rumah, mengindikasikan perlunya sinergi yang lebih kuat antara sekolah dan orang tua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah program menabung di TK Al-Hidayah Parseh berhasil menjadi fondasi awal kesejahteraan finansial melalui penanaman kebiasaan positif. Novelty penelitian terletak pada eksplorasi mendalam mekanisme program di setting PAUD. Rekomendasinya adalah perlunya program parenting untuk menyelaraskan peran sekolah dan orang tua.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-10-01T08:00:49+07:00 Copyright (c) 2025 ishaqq ishaq