WALADI https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi <p><strong>Jurnal : Wawasan Belajar Anak Usia Dini </strong>bertujuan untuk menyajikan laporan hasil penelitian dan hasil kajian literatur tentang PAUD/PIAUD di kawasan Indonesia, namun laporan penelitian dari daerah lain tidak dikecualikan. Jurnal ini adalah "<em>peer review</em>" untuk memastikan bahwa hanya manuskrip berkwalitas baik yang diterima untuk publikasi. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini memiliki fokus utama pada anak-anak berusia dari lahir hingga delapan tahun.</p> <p>&nbsp;</p> en-US aziesfirdaus78@gmail.com (Abd. Azis) ayibtragis@gmail.com (Moh. Toyyib) Fri, 27 Dec 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peran Lingkungan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Desa Candi Kuning 2 Bedugul Bali https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/522 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini (AUD) di Candi Kuning 2, Bedugul, Bali. Penelitian dilatarbelakangi oleh kondisi sosial ekonomi masyarakat setempat yang sebagian besar bekerja di sektor pariwisata, sehingga menghabiskan waktu dari pagi hingga malam hari di luar rumah. Hal ini menyebabkan minimnya pengawasan orang tua terhadap AUD, yang berpotensi memengaruhi perkembangan karakter anak. Selain itu, persepsi bahwa pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) hanya membutuhkan waktu satu tahun juga menjadi faktor yang memengaruhi proses pembentukan karakter AUD. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pengawasan orang tua serta minimnya pemahaman tentang pentingnya pendidikan dini berkontribusi pada lemahnya pembentukan karakter AUD. Lingkungan wisata yang dinamis juga memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku anak, baik secara positif maupun negatif. Oleh karena itu, perlu adanya sinergi antara orang tua, sekolah, dan lingkungan untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pembentukan karakter AUD secara optimal</em></p> Hermansyah Hermansyah, Naila Hidayati, Ninik Kustini Copyright (c) 2024 Hermansyah Hermansyah, Naila Hidayati, Ninik Kustini https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/522 Fri, 27 Dec 2024 00:00:00 +0700 Reconceptualizing The Role of Teachers in Inclusive Education for Early Childhood: Adaptive Pedagogy in Developing the Potential of Children with Special Needs https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/527 <p>Inclusive education emphasizes equal access and learning opportunities for all children, including those with special needs. In the context of Early Childhood Education (ECE), inclusive education becomes even more crucial, as this period represents a critical phase in children's development. Teachers play a central role in creating a welcoming, adaptive, and supportive learning environment for all students. This article is based on a review of relevant literature provides an in-depth examination of teachers’ roles in inclusive ECE, covering the identification of children's individual needs, the implementation of responsive teaching strategies, and collaboration with parents and professionals. Various challenges faced by teachers in managing inclusive classrooms—such as limited training, inadequate resources, and emotional readiness—are also comprehensively analyzed. This study recommends differentiated instruction, cooperative learning approaches, and the integration of assistive technology to enhance the effectiveness of inclusive education. With the support of appropriate policies, teacher competency development, and the active involvement of all stakeholders, inclusive education can serve as a strong foundation for fostering a more equitable and inclusive developmental environment for children.</p> Nia Indah Purnamasari, Abd. Azis, Zaini Tamin AR, Muhammad Nauliya Ardhan Copyright (c) 2024 Nia Indah Purnamasari, Abd. Azis, Zaini Tamin AR, Muhammad Nauliya Ardhan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/527 Fri, 27 Dec 2024 00:00:00 +0700 Efektifitas Penggunaan Media Cat Air dalam Mengenalkan Warna Kombinasi pada Anak Usia Dini di TK Manbaul Ulum https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/490 <p>This article proves that the use of watercolor media can provide convenience for young children (AUD) in understanding and creating new colors through the process of mixing basic colors. This research was conducted at Mambaul Ulum Kindergarten, West Lantek Village. The introduction of color combinations is a very urgent part of developing creativity in early childhood (AUD). Watercolor media is an effective tool to support this learning process because it is flexible, interesting and easy for children to use. This research aims to identify the effectiveness of using watercolor media in introducing the concept of color combinations to young children. The method used is a descriptive qualitative approach through observation and documentation of children's activities when using watercolors. The results of the research show that through watercolor media, children can more easily understand and create new colors through the process of mixing basic colors. This activity also encourages the development of children's fine motor skills, imagination and creative thinking skills. But some children have difficulty controlling brush movements and mixing colors well. This may be due to lack of experience and fine motor skills that are not yet fully developed at their age. To overcome this, researchers provided more intensive guidance and support to these children. Apart from that, the children looked enthusiastic and more involved in learning activities.</p> Moh Toyyib Copyright (c) 2024 Moh Toyyib https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/490 Fri, 27 Dec 2024 00:00:00 +0700 Hubungan Antara Zat gizi dan Kecerdasan Emosional pada Anak Usia Dini (Studi Kasus pada BKB Desa Banyusangka) https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/488 <p>Zat Gizi adalah bagian penting dari proses pertumbuhan tubuh manusia sebagai pemenuhan energi yang terdapat dari makanan dan minuman sehat. Zat Gizi adalah faktor kunci dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas di masa depan. Pemberian makanan sehat pada anak merupakan pendukung utama dalam memenuhi nutrisi pada proses pertumbuhan dan tingkat perkembangan sosial emosional. Orang tua harus memiliki keahlian dan pengetahuan dalam mengolah makanan dan mengelola gizi anak sehingga perkembangan kecerdasan emosi anak berkembang secara optimal sesuai usianya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola penyediaan makanan dalam rangka membangun kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang merupakan penelitian studi kasus pada BKB Desa Banyusangka.</p> Luluk Alfiyah Copyright (c) 2024 Luluk Alfiyah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/488 Fri, 27 Dec 2024 00:00:00 +0700 Menggugah Minat Baca Anak Usia Dini melalui Media Visual: Studi di TK Persada Waru Sidoarjo https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/536 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas media kartu bergambar sebagai sarana untuk meningkatkan minat dan kemampuan literasi membaca pada anak usia dini di TK Persada Waru, Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan anak usia 5–6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar secara sistematis dan kontekstual mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap huruf, suku kata, dan kata secara signifikan. Anak menunjukkan perkembangan dalam menjawab pertanyaan, mengenali simbol huruf, serta menyebutkan dan memahami kosakata baru. Dengan pendekatan visual yang menarik dan keterlibatan aktif guru, media kartu bergambar terbukti mampu menggugah minat baca anak usia dini secara efektif.</p> Idris Afandi, Maya Arieftia Fahika, Nia Indah Purnamasari, Muhammad Nauliya Ardhan Copyright (c) 2024 Idris Afandi, Maya Arieftia Fahika, Nia Indah Purnamasari, Muhammad Nauliya Ardhan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/536 Fri, 27 Dec 2024 00:00:00 +0700