WALADI https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi <p><strong>Jurnal : Wawasan Belajar Anak Usia Dini </strong>bertujuan untuk menyajikan laporan hasil penelitian dan hasil kajian literatur tentang PAUD/PIAUD di kawasan Indonesia, namun laporan penelitian dari daerah lain tidak dikecualikan. Jurnal ini adalah "<em>peer review</em>" untuk memastikan bahwa hanya manuskrip berkwalitas baik yang diterima untuk publikasi. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini memiliki fokus utama pada anak-anak berusia dari lahir hingga delapan tahun.</p> <p>&nbsp;</p> en-US aziesfirdaus78@gmail.com (Abd. Azis) ayibtragis@gmail.com (Moh. Toyyib) Sat, 29 Jun 2024 09:45:17 +0700 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Metode Edukatif Gaming pada Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/299 <p>Pembelajaran sekarang ini menuntut adanya inovasi dan transformasi, di masa transisi keadaan baru ini terlepas dari wabah penyakit biasa kita kenal dengan Covid-19 dampaknya dirasakan langsung dalam dunia pendidikan seperti halnya bebepa kebijakan baru untuk melaksanakan pembelajaran daring. Pada proses pembelajaran sini menggabungkan sebuah metode edukatif gaming sebagai penunjang dalam proses pembelajaran berlangsung. Dalam melaksanakan penelitian peneliti menggunakan metode Kurt Lewin yang meruapakan salah satu ciri dari penelitian tindakan kelas yang memiliki langkah tersetruktur dan terencana disetiap siklus, tahapan-tahapannya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah peneran model pembelajaran Blended learning yang digabungkan dengan metode edukatif gaming sebagai penunjung untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ditunjukkan dari hasil prsesntase yang kian meningkat pada siklus I aktivitas siswa senilai 65,9% meningkat sebanyak 75,73% pada siklus II. Untuk aktivitas guru pada siklus I senilai68,75% meningkat menjadi 76,25% pada siklus II. Untuk data nilai hasil belajar siswa pada siklus I senilai 75% pada pelajaran Bahasa Indonesia dan untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) senilai 62% mengalami peningkatan pada siklus II senilai 87,5% pada pelajaran Bahasa Indonesia dan untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) senilai 75%</p> Amir Mahmud, Mukhammad Wahyudi Copyright (c) 2024 Amir Mahmud, Mohammad Wahyudi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/299 Sat, 29 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pengenalan Fenomena Alam melalui Eksperimen Miniatur Gunung Berapi di TK Plus Al-Ibrohimy Galis Bangkalan https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/388 <p>Penelitian ini membuktikan bahwa pengenalan fenomena meletusnya gunung berapi sangat penting bagi anak usia dini untuk keselamatan dan kesiapan dan siagaan juga untuk mengetahui bagaimana dan mengapa fenomena alam terjadi, seperti gempa bumi atau badai, dapat membantu kita mempersiapkan dan merespons dengan lebih baik untuk mengurangi risiko dan dampaknya. Penelitian ini diadakan di TK Plus Al-Ibrohimy Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Tujuan penulisan jurnal penelitian ini sebagai bentuk perhatian guru mengenai pengetahuan anak tentang fenomena-fenomena alam yang mungkin saja akan terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal anak-anak. Karena semakin hari pencemeran lingkungan semakin naik, adanya penelitian ini juga sebagai bentuk penanaman sikap cinta lingkungan sejak dini kepada anak-anak TK Plus Al Ibrohimy agar anak bisa lebih menjaga lingkungan. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunankan pendekatan studi lapangan berupa eksperimen pembuatan miniature gunung berapi yang metode pengambilan ditanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Adanya kerja sama yang dan komunikasi yang baik antara guru dan wali siswa serta tingginya rasa ingin tahu siswa mengenai terjadinya fenomena alam meletusnya gunung berapi menjadi faktor utama pendukung berhasilnya eksperimen penelitian ini, serta yang menjadi factor penghambat utama adalah buruknya ketiga komponen tersebut.</p> Moh. Toyyib Copyright (c) 2024 Moh. Toyyib https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/388 Sun, 11 Aug 2024 10:05:44 +0700 Implementasi Metode Token Economy untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Kelas A di RA Ta Kottah Daleman Galis Bangkalan https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/382 <p>The background of this research is that educators find it difficult to find a way to encourage students in the teaching process, therefore educators have the initiative to develop children's learning with the token economy method so that children are more enthusiastic in learning because early childhood with prizes makes learning more intense. This research was conducted at RA Ta Kottah Daleman Galis Bangkalan and the type of research used qualitative research. The data collection method uses interview, observation, and documentation methods. The subjects of the study were educators and students at RA Ta Kottah in Daleman Village, Galis district, Bangkalan district. From the results of the discussions and research that has been carried out, the research has obtained a consensus that the early childhood learning process must be carried out creatively and funnily so that students can be more enthusiastic about the learning provided by educators. Meanwhile, the result of the analysis of data on early childhood discipline using the token economy method at RA Ta Kottah in Daleman Galis Bangakalan village is that there are benefits of discipline by using the token economy, it can make it easier for educators to create new ideas obtained through the token economy so that it can make it easier to improve children's discipline</p> Luluk Alfiya Copyright (c) 2024 Luluk Alfiyah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/382 Sat, 29 Jun 2024 00:00:00 +0700 Telaah Kritis pada Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/409 <p>Penelitian ini mengkaji penerapan Kurikulum Merdeka dalam konteks pendidikan anak usia dini di Indonesia dengan fokus pada bagaimana kurikulum ini mendukung prinsip “merdeka belajar” dan mengintegrasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam proses pembelajaran. Melalui metode studi pustaka, penelitian ini menganalisis berbagai literatur terkait kurikulum, konsep merdeka belajar, dan pendekatan berbasis proyek. Temuan menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka menawarkan fleksibilitas dan relevansi dalam pembelajaran dengan mendorong kreativitas, keterampilan berpikir kritis, dan kolaborasi di kalangan anak usia dini. Pembelajaran berbasis proyek dalam P5 memperkuat pembentukan karakter dan memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan interaktif. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi kurikulum baru serta perlunya dukungan dan pelatihan berkelanjutan untuk pendidik. Kesimpulan dari studi ini menggarisbawahi pentingnya evaluasi dan penyesuaian terus-menerus untuk memastikan efektivitas Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia.</p> Ramli Ramli Copyright (c) 2024 Ramli Ramli https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/409 Sat, 29 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pengenalan Sains melalui Bermain Rasa menggunakan Media Bahan Dapur untuk Memperluas Pengalaman dan Pengetahuan Anak Usia Dini https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/386 <p>Sejatinya manusia mampu untuk menjadi individu Kreatif namun perbedaanya terdapat pada kemauan seseorang Untuk menjadi kreatif. Dengan kata lain Kreativitas anak Dikoordinasikan oleh kekhasan ide dan juga pertumbuhan Imajinasi dan fantasi. Anak kreatif peka terhadap rangsangan dan Rangsangan yang mereka dapatkan dari lingkungan. Maka dari itu penulis memilih menggunakan media bahan dapur yang mudah di jumpai sebagai alat eksperimen untuk mengenalkan berbagai macam rasa pada anak.Bermain rasa memberikan kesempatan pada anak untuk merasakan rasa, bau, tekstur (kasar dan halus) melalui indranya. Dengan bermain rasa, anak diajak bereksplorasi dan bereksperimen dengan melihat, menyentuh, mencium dan merasakan sesuatu dalam kehidupan nyata Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sains melalui eksplorasi sensorik dengan bahan-bahan dapur dapat menjadi metode yang efektif untuk anak usia dini.Akan tetapi efektivitasnya bergantung pada berbagai faktor, termasuk karakteristik pribadi anak, lingkungan belajar, dan pendekatan&nbsp; pendidik. Dari hasil penelitian 5 Orang Anak menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam mengeksplorasi dan mendeskripsikan pengalaman indrawi mereka. Ini sejalan dengan teori perkembangan kognitif Piaget, yang menekankan pentingnya pengalaman konkret dalam pembelajaran anak usia dini.<a href="#_ftn1" name="_ftnref1">[1]</a> Kemampuan mereka untuk membuat perbandingan dan menghubungkan pengalaman baru dengan pengetahuan yang sudah ada menunjukkan perkembangan kemampuan berpikir asosiatif yang baik. Di sisi lain, kesulitan yang dialami oleh 5 orang anak lainnya mungkin mencerminkan adanya perbedaan dalam kematangan kognitif atau pengalaman sebelumnya.</p> Abd Azis; Mariyatur AN Copyright (c) 2024 Abd Azis; Mariyatur AN https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/386 Sat, 29 Jun 2024 00:00:00 +0700 Implementasi Metode Pretend Play untuk Meningkatkan Financial Education pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Nurul Basmalah Daleman Galis Bangkalan https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/444 <p>Penelitian ini dilakukan atas dasar minimnya orang tua yang mengajarkan financial education pada anak serta rendahnya kemampuan anak dalam memahami pengelolaan uang yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari implementasi metode pretend play terhadap financial education anak usia dini serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dilakukan di TK Nurul Basmalah kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan financial education pada anak usia dini melalui metode pretend play terdapat peningkatan dan perubahan perilaku anak yakni anak memahami jenis uang, kegunaan uang serta kebutuhan dan keinginan. Sedangkan hasil dari analisis data menunjukkan bahwa penerapan financial education atau literasi keuangan melalui metode pretend play terdapat peningkatan yaitu anak dapat mengenal jenis uang, kegunaan uang, kebutuhan dan keinginan serta anak terbiasa menabung. Namun, peningkatan terhadap literasi keuangan ini masih bertahap dan membutuhkan proses yang panjang dan berkesinambungan.</p> Ishak Syahid Copyright (c) 2024 Ishak Syahid https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/444 Sat, 29 Jun 2024 00:00:00 +0700 Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Metode Bermain Plastisin pada Siswa TK Lab STAI YPBWI Surabaya https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/450 <p>Pendidikan merupakan proses pemberdayaan yang diharapkan mampu memberdayakan peserta didik menjadi manusia yang cerdas, manusia berilmu dan berpengetahuan serta terdidik. Pemberdayaan siswa dilakukan melalui proses belajar, proses pelatihan, proses memperoleh pengalaman atau melalui kegiatan lainnya. Melalui proses belajar siswa diharapkan memperoleh pengalaman memecahkan masalah dan mampu mengembangkan potensi serta kreativitas berpikirnya dengan metode belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimanakah Upaya meningkatkan kreatifitas anak Melalui metode bermain plstisin Pada Anak Usia Dini di TK Lab STAI YPBWI Surabaya. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kreatifitas anak Melalui metode bermain plstisin Pada Anak Usia Dini di TK Lab STAI YPBWI Surabaya. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh peningkatan kreatifitas anak Melalui metode bermain plstisin Pada Anak Usia Dini di TK Lab STAI YPBWI Surabaya terhadap kegiatan sehari-hari anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diambil melalui wawancara, pengamatan dan angket untuk orang tua siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreatifitas anak usia dini dapat ditingkatkkan melalui bermain Plastisin. Kegiatan belajar menggunakan metode bermain plastisin dapat menjadikan anak lebih bergerak dan mengolah grekan tangan dan jari sehingga mampu menyampaikan pikiranya menjadi sebuah karya dan prodak dai pikiran dan kreatifitas anak oleh karena itu bermain plastisin dapat meningkatkan kreatifitas anak. Bermain Plastisin menjadi salah satu kegiatan latihan dalam meningkatkan kemampuan motorik dan dapat meningkatkan Kreatifitas anak. Melalui kegiatan berimain plastisin anak bisa mengekspresikan imajinasinya, dan tidak terasa bahwa anak sedang belajar dalam mengolah dan meningkatkan kemampuan motorik halusnya</p> Istikhakimi Istikhakimi Copyright (c) 2024 Istikhakimi Istikhakimi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/450 Sat, 29 Jun 2024 00:00:00 +0700