Edukasi Pemasaran Online Bagi Pelaku Bisnis UMKM
Abstrak
Hadirnya Masyarakat Ekonomi Asean dan Revolusi Industri 4.0, telah mengubah dinamika bisnis dan pemasaran, sehingga diperlukan langkah strategis untuk membantu UMKM, terutama di Desa Sidomulyo, agar tetap kompetitif di era digital, serta mampu bersaing secara kompetitif dalam era digital. Program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM meningkatkan keterampilan pelaku pribadi maupun kapasitas usahanya. Salah satu UMKM yang secara konsisten mempertahankan dan mengembangkan usaha berbasis potensi lokal adalah usaha kewirausahaan berbasis masyarakat yang menghasilakan produk dan Jasa. Proses pengabdian dimulai dari pengumpulan data awal melalui wawancara dan observasi untuk mengetahui lebih dalam kondisi usaha, lalu dilanjutkan dengan melakukan pengabdian ini dilakukan melalui teknik ECA-EVARED (Exploration, Creat and Action, Evaluation, dan Report and Dissemination) dan pendampingan usaha dalam rangka meningkatkan kemampuan pelaku usaha melakukan pemasaran secara daring. Hasil dari program pengabdian Pelaku UMKM masyarakat Sidomulyo pemasaran semakin luas, membantu perekonomian pedagang kecil, sudah bisa melakukan pemasaran melalui digital marketplace, pendapatan semakin meningkat dan pelaku UMKM lebih kreatif dalam memasarkan produknya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##