Pendampingan Teknik Gradasi Warna Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak SD di Desa Mano’an

  • Kurniyah Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Mohammad Zainuddin Yasid Zaidan STIT Al-Ibrohimy Bangkalan

Abstrak

Program pendampingan seni gradasi warna di Desa Mano’an bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anak-anak dalam menggambar dan mewarnai dengan teknik gradasi warna. Berdasarkan teori perkembangan kognitif Jean Piaget, anak-anak pada usia 7 hingga 11 tahun, yang berada dalam tahap konkret operasional, dapat memahami konsep visual seperti perubahan warna bertahap. Program ini dirancang untuk membantu anak-anak di tingkat Sekolah Dasar (SD) menguasai teknik gradasi warna melalui media ramah anak seperti cat air, pensil warna, dan krayon. Dalam program ini, anak-anak diperkenalkan dengan konsep dasar warna dan diajarkan untuk mengaplikasikan teknik gradasi dalam karya seni mereka. Evaluasi melalui lomba mewarnai pada akhir program menunjukkan bahwa 70% peserta mengalami peningkatan signifikan dalam penerapan teknik gradasi warna. Program ini juga berhasil meningkatkan keterampilan motorik halus, kreativitas, dan rasa percaya diri anak-anak. Kolaborasi dengan guru seni dan orang tua memastikan bahwa teknik yang dipelajari dapat diteruskan setelah program selesai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajaran teknik gradasi warna tidak hanya meningkatkan kualitas karya seni anak-anak tetapi juga berkontribusi pada perkembangan kognitif dan motorik mereka.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-12-31
Bagian
Articles