Pelatihan Mewarnai Teknik Gradasi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Guru Di Tks Sirojut Tholibin Palengaan Pamekasan
Abstrak
Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan merangsang perkembangan kognitif serta afektif anak. Salah satu keterampilan yang masih kurang dimiliki oleh guru PAUD adalah kemampuan dalam menciptakan media pembelajaran yang estetis dan kreatif, khususnya dalam bidang seni rupa. Artikel ini membahas hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa pelatihan teknik gradasi warna yang bertujuan meningkatkan kreativitas guru Taman Kanak-kanak Sirojut Tholibin Palengaan Pamekasan. Metode pelatihan menggunakan pendekatan experiential learning dengan tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep gradasi, kemampuan teknis guru dalam mengaplikasikan teknik warna, serta munculnya inisiatif kolaboratif antarguru dalam menciptakan media ajar berbasis seni. Temuan utama menunjukkan bahwa pengalaman estetis memiliki kontribusi terhadap penguatan rasa percaya diri dan ekspresi diri guru dalam proses pembelajaran. Artikel ini memberikan kontribusi dalam bidang psikologi pendidikan, khususnya pada ranah pengembangan profesionalisme guru melalui pendekatan berbasis seni. Kesimpulan dari kegiatan ini menegaskan pentingnya pelatihan berbasis praktik langsung untuk memperkaya kompetensi kreatif guru serta menunjukkan bahwa seni rupa dapat menjadi medium reflektif yang efektif dalam pembelajaran PAUD. Hasil ini penting karena dapat dijadikan dasar pengembangan model pelatihan berkelanjutan yang mengintegrasikan aspek estetika, psikologis, dan pedagogis secara seimbang.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##