PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Diska Nur Fauziah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan gadget pada perkembangan sosial-emosional anak usia sekolah dasar. Masalah yang dibahas meliputi bentuk penggunaan gadget oleh anak-anak serta dampaknya terhadap sosial dan emosional mereka. Metode yang digunakan adalah literature review dengan menganalisis berbagai sumber dan studi terdahulu terkait penggunaan gadget dan perkembangan sosial-emosional anak. Hasil kajian menunjukkan penggunaan gadget yang berlebihan berpotensi menghambat interaksi sosial langsung dan memicu masalah emosional yang kurang baik pada anak. Namun, penggunaan gadget yang terarah dan dibatasi dapat mendukung pengembangan kreativitas dan pengetahuan. Penelitian ini menegaskan pentingnya pengawasan dan pengaturan penggunaan gadget agar perkembangan sosial-emosional anak tetap optimal.

Kata kunci: gadget; sosial-emosional; anak sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-25

How to Cite

Fauziah, D. N. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR. JEMI, 3(2), 118–129. Retrieved from https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/617

Issue

Section

Articles