UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DI TK BAROKATUL HAMZAH
DOI:
https://doi.org/10.61815/waladi.v1i1.119Keywords:
Kemampuan berhitung anak usia dini, Penggunaan Media Permainan EngklekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan, faktor pendukung dan faktor penghambat media pembelajan permainan engklek dalam meningkatan kemampuan berhitung pada anak usia dini di TK Barokatul Hamzah Pekadan Galis Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati.[1]
Setelah penulis melakukan analisis data, hasil dari pengimplementasian media permainan engklek terhadap kemampuan berhitung anak kelas A2 kelompok eksperimen menunjukan hasil yang baik. Hal ini terlihat dari analisis penilaian guru terhadap penggunaan media permainan engklek, dengan parameter nilai pengamatan yang “cukup tinggi”, sedangkan analisa data mengenai kemampuan berhitung juga cukup tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan engklek dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak cukup efektif dan memuaskan.