Perkembangan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini
Abstract
Perkembangan berpikir anak-anak usia Taman Kanak-kanak atau prasekolah sangat pesat. Salah satu kemampuan anak yang sedang berkembang saat usia Taman Kanak-kanak adalah kemampuan berbahasa. Penguasaan berbahasa sangat erat kaitannya dengan kemampuan kognisi anak. Sistematika berbicara anak menggambarkan sistematikanya dalam berpikir. Di taman kanak-kanak, guru merupakan salah seorang yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa anak. Guru Taman Kanak-Kanak harus dapat mengupayakan berbagai strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak. Salah satunya melalui kegiatan bermain peran yang dapat melibatkan penggunaan bahasa anak. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Terpadu Permata Surabaya pada tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif, seperti transkripsi wawancara , catatan lapangan, gambar, foto rekaman video dan lain-lain. Hasil penelitian meunjukkan perkembangan bahasa anak usia dini pada pertemuan pertama dan kedua, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran pada pertemuan pertama belum terlalu terlihat baik dikarenakan anak anak masih baru mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan metode tersebut. Namun, dan pada pertemuan kedua kemampuan berbicara anak semakin berkembang dikarenakan anak anak sudah mengenal kegiatan yang dilakukan dengan bermain peran serta disertai adanya motivasi dan tingkat kepercayaan diri. Selain itu, berdasarkan hasil observasi, implementasi metode bermain peran pada anak kelompok B TK Islam Terpadu Permata Surabaya tahun ajaran 2021/2022 yang dilakukan dalam penelitian ini sudah sesuai dengan prosedur yang ada dalam rancangan pembelajaran
Downloads
Copyright (c) 2023 Siti Aminah, Intan Maulida Qorry’ Aina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.