Pengaruh Media Pembelajaran Sains Rainbow Walking Water Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Anak Usia 5 - 6 Tahun Kelas B Di TK NU Nurul Jannah

  • Ishaq Syahid STIT Al Ibrohimy Bangkalan
Keywords: Pengaruh Media Pembelajaran, Kemampuan Mengenal Warna, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Pembelajaran sainsuntuk anak usia dini merupakan upaya menumbuhkan kemampuan berfikir yang memerlukan peran serta orang tua, guru dan peserta didik itu sendiri. Guru cenderung bingung mencari media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan pemahaman tentang pembelajaran sains. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Subyek penelitian sebanyak 25 orang anak kelas B yang merupakan sampel bagian dari populasi dari 31 orang. Hasil penelitian Penerapan media pemebelajaran sains rainbow walking water di TK  NU Nurul Jannah sudah cukup baik dengan prosentase sebesar 41,6%. Sedangkan kemampuan anak dalam mengenal warna tergolong sudah berkembang sesuai harapkan (BSH) dengan prosentase sebesar 42,4%. Sedangkan analisis data tentang penggunaan media pembelajaran sains rainbow walking water terhadap kemampuan anak dalam mengenal warna memiliki pengaruh yang sangantinggihalinisesuai denga hasildari analasis data dengan product moment dengan n = 25 yang di korelasikan dengan harga “r” table dengan nilai kontrol signifikansi 10% = 0,505 dan taraf signifikansi 5%= 0,396. Sedangkan nilai “r” kerja yang diperoleh sebesar 0,937 yang artinya nilainya lebih besar pada harga kritik product moment baik taraf sinifikasi 10% maupun 5% pada table interprestasi berada pada nilai r = 0,800-1,00 yang menunjukkan antara variabel X dan Y terdapat implikasi yang sangat tinggi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-19
How to Cite
Syahid, I. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Sains Rainbow Walking Water Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Anak Usia 5 - 6 Tahun Kelas B Di TK NU Nurul Jannah. WALADI, 1(2), 198-222. https://doi.org/10.61815/waladi.v1i2.308
Section
Articles