Pendidikan Agama Bagi Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Waru Sidoarjo

  • Nur Fitriyanti STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Pendidikan Agama bagi Anak, Metode Bercerita

Abstract

Penanaman nilai-nilai agama yang diberikan kepada anak pra sekolah atau usia TK, sebelum mereka berpikir secara logis dan memahami hal-hal yang abstrak, serta belum dapat membedakan hal yang baik dan buruk, dibutuhkan contoh-contoh, latihan-latihan dan pembiasaan-pembiasaan. Apabila penanaman nilai-nilai agama pada anak tidak dibiasakan sejak dini maka, kelak dikemudian hari anak akan menjadi orang yang melupakan agamanya, dekadensi moral dari anak-anak usia sekolah sudah banyak yang keluar dari jalur ajaran agama. Jenis penelitian ini adalah berupa penelitian kualitatif, yakni penelitian yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif dengan memakai bentuk studi kasus (case study), yang menjadi tujuan penelitian kualitatif ini adalah menggambarkan realitas empiris sesuai dengan gejala yang ada secara mendalam, rinci dan tuntas. Oleh sebab itu, jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus (case study). Penelitian ini akan mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat tentang pendidikan agama bagi anak melalui metode bercerita di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Waru Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan  (1) Pelaksanaan metode bercerita dalam menanamkan nilai-nilai agama bagi anak usia pra sekolah dilakukan dengan cara menyajikan sesuatu yang abstrak menjadi konkrit, ketika anak antusias dan terbawa cerita karena didorong oleh rasa ingin tahu maka pada saat itu merupakan saat yang tepat untuk memberikan nilai-nilai agama yang dikemas dalam sebuah cerita. (2).  Respon anak di TK Dharma Wanita Persatuan Waru Sidoarjo terhadap metode bercerita dalam proses belajar mengajar. Secara umum anak-anak di taman kanak-kanak senang mendengar cerita, ketika seorang guru akan menyajikan sebuah cerita, maka anak dengan tertib dan antusias mendengarkan apa yang diceritakan guru. Akan tetapi untuk dapat diterima atau tidaknya sebuah cerita olah anak, hal ini yang paling utama tergantung pada peran seorang guru dalam mengapresiasikan cerita tersebut

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-19
Section
Articles