Penanaman Nilai-nilai Agama Islam Terhadap Anak Pada Usia 3 - 6 Tahun Di Taman Kanak Kanak Lab STAI YPBWI Surabaya
Abstract
Di era modern ini pemahaman dan penerapan nilai-nilai agama atau sendi-sendi agama dirasa semakin berkurang, hal ini tercermin dalam beberapa aspek kehidupan masyarakat Ketika anak meningkat usia kurang lebih tahun perkembangan intelektual dan daya pikir mereka telah sedemikian rupa, sehingga membutuhkan beberapa dasar-dasar ilmu pengetahuan Jika seorang anak taat beragama baru sampai pada taraf karena takut pada orang tua, guru agama, ingin penghargaan, dipuji dan lain-lainnya. Anak itu tidak perlu terburu-buru untuk dimarahi atau dihina, tetapi sebaiknya harus dibimbing terus agar sampai pada taraf kesadaran dirinya di dalam melakukan kegiatan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Pada Usia 3 - 6 Tahun. Metode Penelitian yang digunakan Dalam penelitian ini peneliti tidak hanya menggunakan rancangan deskriptif kualitatif tetapi juga menggunakan rancangan kuantitatif untuk memudahkan peneliti dalam mendeskripsikan hasil penelitian. (Mix Methods). Hasil penelitian ini yaitu (1) Menanamkan nilai agama pada anak di adalah dengan cara guru mengajarkan agama melalui beberapa metode di antaranya metode yang digunakan adalah metode cerita, karena dengan cara bertutur kata dalam menyampaikan pelajaran yang diberikan secara lisan, guru hendaknya dapat memusatkan kemampuan daya tangkap dalam berfikir anak didik.. (2) Bentuk kerjasama antara orang tua dengan guru di dalam menanamkan nilai-nilai agama dengan mengadakan pertemuan antara orang tua dengan guru saat pembagian raport serta dilanjutkan dengan dialog mengenai banyaknya persoalan yang terkait dengan proses belajar mengajar di sekolahNilai Agama Islam
Downloads
Copyright (c) 2023 Ma'ruf Ma'ruf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.