Korelasi Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Dini di Desa Gondanglegi Kulon Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak usia dini di salah satu lembaga PAUD di Desa Gondanglegi Kulon, Kabupaten Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Teori yang digunakan meliputi konsep pola asuh dari Hurlock, yang mencakup tipe otoriter, demokratis, dan permisif, serta teori prestasi belajar yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sampel penelitian berjumlah 38 orang tua dan anak yang diambil menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis dengan uji korelasi Pearson menunjukkan nilai r = 0,315 dengan signifikansi p = 0,054. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang rendah antara pola asuh orang tua dan prestasi belajar anak, namun hubungan tersebut tidak signifikan secara statistik. Meskipun demikian, secara praktis hasil ini tetap penting dalam konteks pendidikan anak usia dini, karena pola asuh yang demokratis dan suportif terbukti berperan dalam mendukung perkembangan kognitif dan sosial-emosional anak. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antara sekolah dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal bagi anak usia dini
Downloads
Copyright (c) 2023 Anggita Oktiaviana Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.