Menabung Awal dari Kesejahteraan : studi kasus di TK alhidayah parseh
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program menabung dan dampaknya dalam membentuk karakter hemat anak serta peran orang tua di TK Al-Hidayah Parseh. Latar belakang penelitian adalah fenomena gaya hidup konsumtif di era digital yang menggerus budaya menabung sebagai fondasi kesejahteraan finansial jangka panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan orang tua, penyebaran angket kepada orang tua, dan studi dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program "Jumat Berkah" diimplementasikan secara sistematis dan konsisten dengan menggunakan celengan transparan dan pendekatan belajar sambil bermain, yang sesuai dengan teori perkembangan kognitif Piaget; (2) Program tersebut berdampak signifikan pada pembentukan karakter hemat anak, termasuk kemampuan menunda kepuasan (delayed gratification) dan rasa tanggung jawab, yang sejalan dengan teori pembentukan kebiasaan Lieberman; (3) Meskipun persepsi orang tua sangat positif, terdapat variasi dalam tingkat pendalaman nilai menabung di rumah, mengindikasikan perlunya sinergi yang lebih kuat antara sekolah dan orang tua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah program menabung di TK Al-Hidayah Parseh berhasil menjadi fondasi awal kesejahteraan finansial melalui penanaman kebiasaan positif. Novelty penelitian terletak pada eksplorasi mendalam mekanisme program di setting PAUD. Rekomendasinya adalah perlunya program parenting untuk menyelaraskan peran sekolah dan orang tua.
Downloads
Copyright (c) 2025 ishaqq ishaq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.