PENINGKATAN PEMAHAMAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEJAK DINI
PENINGKATAN PEMAHAMAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEJAK DINI
Abstract
Pemahaman adalah tingkat kemampuan yang mengharapkan seseorang mampu memahami arti atau konsep, situasi serta faktor yang diketahuinya.Dalam hal ini tidak hanya hafal secara verbalitas, tetapi memahami konsep dari masalah atau fakta yang dinyatakan maka operasionalnya dapat membedakan, mengubah, mempersiapkan, menyajikan, mengatur, mengiterpretasikan, menjelaskan.
Pemahaman mengenal angka pada anak usia dini dapat dikembangkan dengan berbagai cara salah satunya melalui media pembelajaran matematika yaitu menggunakan media balok angka dan flashcard. Namun kenyataanya di TK Alhidayah parseh Bangkalan bahwa anak kelompok A belum mampu mengenal lambang bilangan. Melalui penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman mengenal angka melalui media pembelajaran matematika sejak dini yaitu menggunakan media balok angka dan flashcard di TK Alhidayah Parseh Bangkalan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan perkembangan kognitif anak kelompok A pada hasil penelitian bahwasannya dari hasil pra siklus untuk pencapaian indikator keberhasilan hasil dari pra siklus untuk pencapaian indikator keberhasilan hanya 22% kemudian setelah dilakukkannya siklus I tingkat pencapain meningkat menjadi 55,6%, jadi kenaikan dari pra siklus ke siklus I yaitu 33,6%, selanjutnya disiklus II tingkat pencapain meningkat menjadi 77,8%, maka kenaikan dari siklus I ke siklus II yaitu 22,2%. Oleh karena itu,diharapkan penellitian ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuliana Alfiyatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





