INTERNALISASI NILAI TAUHID MELALUI BERMAIN EDUKATIF: STRATEGI GURU PIAUD DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI

Authors

  • Aya Mamluah STIT AL-IBROHIMY BANGKALAN
  • Abu Siri STIT Al Ibrohimy Bangkalan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap strategi guru PIAUD dalam menginternalisasikan nilai tauhid melalui bermain edukatif sebagai upaya pembentukan karakter religius anak usia dini. Latar belakang penelitian ini muncul dari fenomena menurunnya sensitivitas spiritual anak di tengah derasnya arus digitalisasi yang menggeser nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan di salah satu lembaga PIAUD di Madura. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumen, kemudian dianalisis secara deskriptif interpretatif dengan pendekatan phenomenological hermeneutics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengintegrasikan nilai tauhid melalui permainan simbolik, lagu islami, dan aktivitas eksploratif alam yang menumbuhkan kesadaran ketuhanan secara natural. Nilai tauhid tidak hanya dipahami secara kognitif, tetapi juga dihayati melalui pengalaman emosional dan sosial anak. Penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan bermain edukatif berpotensi menjadi paradigma baru pendidikan Islam anak usia dini yang holistik, kreatif, dan berakar pada nilai spiritual.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Mamluah, A., & Abu Siri. (2024). INTERNALISASI NILAI TAUHID MELALUI BERMAIN EDUKATIF: STRATEGI GURU PIAUD DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI. WALADI, 2(2), 274–292. Retrieved from https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/723

Issue

Section

Articles