INTERNALISASI NILAI TAUHID MELALUI BERMAIN EDUKATIF: STRATEGI GURU PIAUD DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkap strategi guru PIAUD dalam menginternalisasikan nilai tauhid melalui bermain edukatif sebagai upaya pembentukan karakter religius anak usia dini. Latar belakang penelitian ini muncul dari fenomena menurunnya sensitivitas spiritual anak di tengah derasnya arus digitalisasi yang menggeser nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan di salah satu lembaga PIAUD di Madura. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumen, kemudian dianalisis secara deskriptif interpretatif dengan pendekatan phenomenological hermeneutics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengintegrasikan nilai tauhid melalui permainan simbolik, lagu islami, dan aktivitas eksploratif alam yang menumbuhkan kesadaran ketuhanan secara natural. Nilai tauhid tidak hanya dipahami secara kognitif, tetapi juga dihayati melalui pengalaman emosional dan sosial anak. Penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan bermain edukatif berpotensi menjadi paradigma baru pendidikan Islam anak usia dini yang holistik, kreatif, dan berakar pada nilai spiritual.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MOH TOYYIB

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.