PEMANFAATAN MEDIA KINCIR ANGIN UNTUK MENGENALKAN KONSEP ANGKA DAN WARNA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Shovia, Mahasiswa STITAL
  • idris afandi

Abstract

Penggunaan media nyata dalam pembelajaran anak usia dini menjadi kebutuhan penting, terkhusus untuk mengenalkan konsep dasar seperti angka dan warna. Penelitian ini mengangkat isu rendahnya variasi media interaktif yang sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji efektivitas media kincir angin dalam mengenalkan konsep angka dan warna melalui pendekatan bermain seraya belajar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif quasi-experiment dengan desain non-equivalent control group, melibatkan dua kelompok anak TK usia 4–5 tahun di Bangkalan. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa media kincir angin secara signifikan meningkatkan pemahaman anak terhadap angka dan warna dibandingkan metode konvensional. Anak menunjukkan antusiasme tinggi, keterlibatan aktif, dan ketertarikan multisensori selama pembelajaran. Media ini juga memperkuat kemampuan motorik halus dan fokus belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media kincir angin efektif sebagai alat bantu pembelajaran tematik integratif yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Implikasinya, media sederhana seperti kincir angin dapat menjadi solusi edukatif yang murah, fleksibel, dan bermakna dalam pendidikan PAUD berbasis karakter dan pengalaman konkret.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Shovia, & afandi, idris. (2025). PEMANFAATAN MEDIA KINCIR ANGIN UNTUK MENGENALKAN KONSEP ANGKA DAN WARNA PADA ANAK USIA DINI. WALADI, 3(1), 107–118. Retrieved from https://ejournal.stital.ac.id/index.php/waladi/article/view/724

Issue

Section

Articles