IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL ISLAMI TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA AR RAZAQ
Pembelajaran Sosial Emosional Islami, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Nilai-nilai Islam, Kecerdasan Emosional
DOI:
https://doi.org/10.61815/waladi.v3i2.725Keywords:
Pembelajaran Sosial Emosional Islami, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Nilai-nilai Islam, Kecerdasan Emosional.Abstract
Penelitian ini berfokus pada implementasi pembelajaran sosial emosional Islami di RA Ar Razaq sebagai upaya menumbuhkan kecerdasan emosional dan spiritual anak usia dini. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk penerapan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran sosial emosional serta menganalisis dampaknya terhadap perkembangan karakter anak. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam seperti sabar, empati, tanggung jawab, dan kasih sayang dalam proses pembelajaran berhasil membentuk perilaku positif anak, meningkatkan kemampuan mengelola emosi, serta memperkuat hubungan sosial antarsesama. Guru berperan penting sebagai model keteladanan dalam menanamkan nilai-nilai tersebut melalui pembiasaan dan refleksi keagamaan. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan model Social Emotional Islamic Learning (SEIL) sebagai pendekatan alternatif dalam pendidikan anak usia dini di lembaga berbasis Islam. Model ini berpotensi menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum karakter Islami yang menyatukan aspek emosional, sosial, dan spiritual secara terpadu.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Misbahul Arifin, Diana Khoiriyah, Ramzatul Widad Rizqiyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





