IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS TRAUMA-INFORMED TEACHING PADA ANAK USIA DINI DI BANGKALAN

Authors

  • Moh Toyib STIT AL-IBROHIMY BANGKALAN
  • Abd Azis

DOI:

https://doi.org/10.61815/waladi.v3i2.783

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan akhlak berbasis Trauma-Informed Teaching (TIT) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada anak usia dini. Latar belakang penelitian ini berangkat dari meningkatnya temuan kasus trauma pada anak, baik yang berasal dari kekerasan verbal, pola asuh keras, maupun lingkungan sosial yang tidak mendukung, sehingga memengaruhi kemampuan anak dalam menerima nilai-nilai akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus di Bangkalan, melibatkan guru PAI, peserta didik, serta orang tua melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran akhlak berbasis TIT dilakukan melalui penciptaan ruang belajar yang aman, hubungan yang hangat dan penuh empati, penguatan rasa percaya diri anak, serta penggunaan strategi pembelajaran yang fleksibel dan responsif terhadap kondisi emosional anak. Implementasi tersebut terbukti membantu anak lebih mampu mengontrol emosi, menunjukkan perilaku prososial, dan menerima nilai-nilai akhlak secara lebih alami. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan akhlak yang mengintegrasikan sensitivitas trauma dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam mendukung perkembangan karakter dan kesejahteraan psikologis anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Moh Toyib, & Abd Azis. (2025). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS TRAUMA-INFORMED TEACHING PADA ANAK USIA DINI DI BANGKALAN. WALADI, 3(2), 22–39. https://doi.org/10.61815/waladi.v3i2.783