MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU DI TK SETYA BUDHI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.61815/waladi.v3i2.809Abstract
Perkembangan motorik kasar merupakan aspek penting dalam pertumbuhan anak usia dini yang perlu distimulasi secara optimal melalui kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5–6 tahun melalui kegiatan gerak dan lagu di TK Setya Budhi Surabaya. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 12 anak kelompok B, terdiri atas 6 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang diawali dengan tahap prasiklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi menggunakan lembar checklist dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase. Aspek motorik kasar yang diamati meliputi kesesuaian gerakan dan kelincahan anak dalam kegiatan gerak dan lagu bertema cinta tanah air. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak secara signifikan, ditandai dengan meningkatnya persentase anak pada kategori Berkembang Sesuai Harapan dari 8,3% pada siklus I menjadi 83,3% pada siklus II, serta Berkembang Sangat Baik sebesar 16,7%. Temuan ini membuktikan bahwa kegiatan gerak dan lagu efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini, sehingga direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran aktif di taman kanak-kanak.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur -

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





