PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS III MI AL-IBROHIMY GALIS BANGKALAN

  • Yuliana Alfiyatin STIT Al – Ibrohimy Bangkalan
Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation), Hasil belajar

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika merupakan permasalahan yang terjadi di MI Al-Ibrohimy Galis-Bangkalan. Rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas III tersebut disebabkan oleh faktor guru di antaranya: (1) guru dalam proses pembelajaran kurang membimbing siswa dalam bekerja sendiri dan bekerja sama dengan orang lain atau teman sebangkunya; (2) guru kurang mengoptimalkan partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan pada proses pembelajaran;dan (3) guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan partisipasi mereka kepada orang lain. Adapun materi pembelajaran yang sangat sulit dipecahkan oleh siswa khususnya di kelas III MI-Alibrohimy Bangkalan ialah materi pecahan sebab materi ini merupakan materi dasar yang akan dipakai pada materi-materi selanjutnya, baik pada materi kelas V dan VI bahkan pada jenjang pendidikan setelah SD/MI/Sederajat. Alternatif pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III MI Al-Ibrohimy Bangkalan  yaitu menerapkan Model Pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation).

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation) serta ada tidaknya pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation) terhadap hasil belajar siswa kelas III MI al-Ibrohimy Bangkalan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrumen angket dan Tes Hasil Belajar (THB) yang kemudian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Penerapan Model Pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation) dengan hasil belajar siswa kelas III MI Al-Ibrohimy pokok bahasan pecahan yaitu menggunakan analisis product moment.

Diperoleh hasil rxy hitungnya adalah 0,751 r table pada taraf signifikan 5% adalah 0,413 r hitung diperoleh 0,751 yang kemudian dibandingkan dengan r tabelnya diperoleh 0,413 menunjukkan bahwa lebih besar r hitung dibandingkan r table, artinya H1 diterima dan H0 ditolak, maka ada pengaruh model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation)  terhadap hasil belajar pada pokok bahasan pecahan siswa kelas III MI Al-Ibrohimy Galis-Bangkalan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-23
How to Cite
Alfiyatin, Y. (2024). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS III MI AL-IBROHIMY GALIS BANGKALAN. JEMI, 2(1), 55-70. https://doi.org/10.61815/jemi.v2i1.394
Section
Articles