PENGARUH DIRECT METHOD TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Nurul Makrifah STIT Al-Ibrohimy Bangkalan
  • Nur Fauzi STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan
Keywords: pengaruh, direct method, keterampilan berbicara

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah problem keterampihan speaking siswa yang kurang diasah dan kurangnya metode pembelajaran yang efektif dalam menunjang tumbuh kembang keterampilan speaking siswa. Maka dirumuskanlah rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut, bagaimana respons siswa terhadap implementasi direct method di kelas 4 MI An-Nuriyah, bagaimana kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas 4 MI An-Nuriyah, bagaimana pengaruh direct method terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas 4 MI An-Nuriyah. Penelitian ini dilakukan di kelas 4 MI An-Nuriyah, Kwanhyar, Bangkalan. Dengan menggukan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dan pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, angket kepada peserta didik, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pertama, ada pengaruh Implementasi direct method terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa di kelas 4 MI An Nuriyah, hal ini terbukti dari hasil analisis data, bahwa nilai r hitung 0,723 lebih besar daripada nilai r tabel product moment, dimana pada N=40 dalam interval kepercayaan 5% diperoleh nilai 0,312 dan dalam interval kepercayaan 1% diperoleh nilai 0,403. Kedua, Implementasi direct method mempengaruhi keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa di kelas 4 MI An Nuriyah, karena nilai r hitung 0,723 berada pada rentetan angka 0,600 sampai 0,800 dengan interpretasi tinggi/ kuat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-09
How to Cite
Makrifah, N., & Fauzi, N. (2024). PENGARUH DIRECT METHOD TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH. JEMI, 2(2), 86-97. https://doi.org/10.61815/jemi.v2i2.420
Section
Articles