Implementasi Pendidikan Guru PAI dalam Mengembangkan Sikap Spiritual siswa Madrasah Ibtidaiyah

  • Ibnu Amiruddin STIT Al-Ibrohimy Bangkalan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data-data penelitian dengan mengambil dari berbagai data baik itu berbentuk primer maupun sekunder yang sesuai dengan tema penelitian. Teknik analisis data melalui tahapan-tahapan sebagai berikut : penjodohan pola, pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu. Hasil penelitian di Madrasah Tsanawiyah Bontocinde ini menunjukkan bahwa; 1) Desain Mengembangkan sikap spiritual berbasis pendidikan agama Islam memiliki format sesuai dengan kurikulum 2013 yang diadopsi oleh Madrasah, proses desainnya melalui beberapa format yaitu : a) Silabus Pembelajaran, b) Kompetensi inti dan kompetensi dasar, c) Indikator pencapaian, dan d) Penilaian (Observasi, Penilaian diri, Penilaian antar peserta didik, dan Jurnal). 2) Implementasi Mengembangkan sikap spiritual dilaksanakan melalui beberapa pembagian kegiatan berupa : a) kegiatan intrakurikuler di Madrasah, b) kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah, dan c) kegiatan dan lomba keagamaan di Madrasah. 3) Evaluasi Mengembangkan sikap spiritual sebagai upaya pengembangan madrasah yakni dilakukan melalui evaluasi dalam proses pembelajaran dan evaluasi pada kegiatan ekstrakurikuler yang terlaksana di Madrasah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-03-30
How to Cite
Amiruddin, I. (2025). Implementasi Pendidikan Guru PAI dalam Mengembangkan Sikap Spiritual siswa Madrasah Ibtidaiyah. JEMI, 3(1), 15-30. https://doi.org/10.61815/jemi.v3i1.521