PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR UNTUK MANASIK HAJI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Raudlatul Jannah STIT MIFTAHUL ULUM BANGKALAN
  • Rizal Shohibur Ridlo
  • Anisatul Muawwanah
Keywords: Kata Kunci: media pembelajaran miniatur, manasik haji

Abstract

Abstract

In learning fiqh, especially the Hajj chapter, theory is not enough to explore students' understanding but also requires practice and appropriate media to explain the material. This research aims to develop and test the feasibility and effectiveness of miniature learning media for Hajj rituals in Islamic jurisprudence subjects at Madrasah Ibtidaiyah. The type of research used is development research (R&D) using the ADDIE development model. The research results showed that the effectiveness of miniature learning media for Hajj rituals was obtained from student learning outcomes through pre-test and post-test with an achievement of 0.71. So it can be concluded that the miniature Hajj learning media is effective for application in learning. This research has a positive impact, both on students and teachers, which functions as a tool used to channel learning messages from teachers to students which can stimulate students' thoughts, feelings, attention and enthusiasm so that they are effectively used in the learning process.

Keywords: miniature learning media, Hajj rituals

Abstrak

Dalam pembelajaran fiqih terutama bab haji tidak cukup dengan teori untuk menggali pemahaman siswa melainkan juga memerlukan praktek serta media yang tepat untuk menjelaskan materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran miniatur untuk manasik haji pada mata Pelajaran fikih di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keefektifan media pembelajaran miniatur untuk manasik haji diperoleh dari hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test dengan perolehan 0,71. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran miniatur haji efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini berdampak positif, baik terhadap peserta didik maupun terhadap guru, yang berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan-pesan pembelajaran dari guru kepada peserta didik yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan semangat peserta didik sehingga efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: media pembelajaran miniatur, manasik haji

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-30
How to Cite
Jannah, R., Shohibur Ridlo, R., & Muawwanah, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR UNTUK MANASIK HAJI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH. JEMI, 1(2), 81-91. https://doi.org/10.61815/jemi.v1i2.286
Section
Articles