PENERAPAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK AN-NIDHOMIYAH DESA BANGPENDAH KECAMATAN GALIS KABUPATEN BANGKALAN
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah karena di TK An-Nidhomiyah Bangpendah para pendidiknya hanya memfokuskan peserta didik menggunakan buku tema yang ada dan juga dengan menggunakan metode ceramah atau bercerita, selain itu juga dikarenakan kemampuan anak mengenal angka yang masih belum mencapai tujuan pembelajaran, seperti kesulitan membedakan angka yang hampir sama. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti mengambil Rumusan Masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan media kantong bilangan dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A di TK An-Nidhomiyah desa Bangpendah? 2) Apakah media kantong bilangan dapat meningkatkan kemampuan mengenalkan angka pada anak kelompok A di TK An-Nidhomiyah desa Bangpendah? Penelitian ini dilakukan di TK An-Nidhomiyah Desa Bangpendah Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan dan jenis penelitiannya menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi subjek penelitian adalah Pendidik dan juga Peserta Didik di TK An-Nidhomiyah Desa Bangpendah Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Dari hasil pembahasan dan penelitian yang telah dilakukan peneliti memperoleh kesimpulan bahwasanya proses belajar anak usia dini harus dilakukan dengan kreatif dan menyenangkan sehingga peserta didik bisa lebih mudah menerima pembelajaran yang diberikan oleh pendidik. Sedangkan hasil dari analisa data tentang kemampuan anak dalam mengenal angka dengan menggunakan media kantong bilangan di TK An-Nidhomiyah Desa Bangpendah Galis yaitu adanya manfaat belajar dengan menggunakan media kantong bilangan, yang mana hal tersebut dapat memudahkan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran mengenal angka. Dan juga media ini menjadi inovasi pendidik dalam meningkatkan kemampuan mengenalkan angka pada anak secara efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##