PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI PENGUKURAN BERAT BENDA

  • Nurur Rohman STIT Miftahul Ulum Bangkalan
  • Ananda Ammathul Firdhausyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia

Abstrak

Conceptual mathematics learning often causes boredom, lack of interest, limited creativity, hampered ability development, and unsatisfactory mathematics achievements for students. This research aims to explain how the realistic mathematics education approach is implemented at Daarul Fikri Islamic Elementary School, Malang. Data collection methods involve interviews, observation, and documentation. Data analysis was carried out in three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Research findings state that the application of the realistic mathematics education approach involves 1) planning by compiling learning implementation plans, learning media, and evaluation tools, 2) implementation by linking it to real life, and 3) evaluation throughout the learning process until the completion stage to determine the steps follow-up.

Pembelajaran matematika yang bersifat konseptual seringkali menimbulkan rasa bosan, kurangnya minat, kreativitas yang terbatas, perkembangan kemampuan yang terhambat, dan pencapaian prestasi matematika yang kurang memuaskan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan pendekatan realistic mathematics education di SD Islam Daarul Fikri Malang. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menyatakan bahwa penerapan pendekatan realistic mathematics education melibatkan 1) perencanaan dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, media pembelajaran, dan alat evaluasi, 2) pelaksanaan dengan mengaitkannya pada kehidupan nyata, dan 3) evaluasi sepanjang proses pembelajaran hingga tahap penyelesaian untuk menentukan langkah-langkah tindak lanjut. 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-03-01
Bagian
Articles