Pengenalan Fenomena Alam melalui Eksperimen Miniatur Gunung Berapi di TK Plus Al-Ibrohimy Galis Bangkalan

  • Moh. Toyyib STIT Al-Ibrohimy Bangkalan
Keywords: Fenomena alam, Eksperimen, Miniatur gunung berapi

Abstract

Penelitian ini membuktikan bahwa pengenalan fenomena meletusnya gunung berapi sangat penting bagi anak usia dini untuk keselamatan dan kesiapan dan siagaan juga untuk mengetahui bagaimana dan mengapa fenomena alam terjadi, seperti gempa bumi atau badai, dapat membantu kita mempersiapkan dan merespons dengan lebih baik untuk mengurangi risiko dan dampaknya. Penelitian ini diadakan di TK Plus Al-Ibrohimy Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Tujuan penulisan jurnal penelitian ini sebagai bentuk perhatian guru mengenai pengetahuan anak tentang fenomena-fenomena alam yang mungkin saja akan terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal anak-anak. Karena semakin hari pencemeran lingkungan semakin naik, adanya penelitian ini juga sebagai bentuk penanaman sikap cinta lingkungan sejak dini kepada anak-anak TK Plus Al Ibrohimy agar anak bisa lebih menjaga lingkungan. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunankan pendekatan studi lapangan berupa eksperimen pembuatan miniature gunung berapi yang metode pengambilan ditanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Adanya kerja sama yang dan komunikasi yang baik antara guru dan wali siswa serta tingginya rasa ingin tahu siswa mengenai terjadinya fenomena alam meletusnya gunung berapi menjadi faktor utama pendukung berhasilnya eksperimen penelitian ini, serta yang menjadi factor penghambat utama adalah buruknya ketiga komponen tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-11
How to Cite
Toyyib, M. (2024). Pengenalan Fenomena Alam melalui Eksperimen Miniatur Gunung Berapi di TK Plus Al-Ibrohimy Galis Bangkalan. WALADI, 2(1), 26-41. https://doi.org/10.61815/waladi.v2i1.388
Section
Articles