Implementasi Metode Pretend Play untuk Meningkatkan Financial Education pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Nurul Basmalah Daleman Galis Bangkalan
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar minimnya orang tua yang mengajarkan financial education pada anak serta rendahnya kemampuan anak dalam memahami pengelolaan uang yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari implementasi metode pretend play terhadap financial education anak usia dini serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dilakukan di TK Nurul Basmalah kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan financial education pada anak usia dini melalui metode pretend play terdapat peningkatan dan perubahan perilaku anak yakni anak memahami jenis uang, kegunaan uang serta kebutuhan dan keinginan. Sedangkan hasil dari analisis data menunjukkan bahwa penerapan financial education atau literasi keuangan melalui metode pretend play terdapat peningkatan yaitu anak dapat mengenal jenis uang, kegunaan uang, kebutuhan dan keinginan serta anak terbiasa menabung. Namun, peningkatan terhadap literasi keuangan ini masih bertahap dan membutuhkan proses yang panjang dan berkesinambungan.
Downloads
Copyright (c) 2024 Ishak Syahid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.