MEMBANGUN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: KUNCI SUKSES PEMBELAJARAN ANAK DI DESA GALIS DAJAH

Authors

  • MOH TOYYIB STIT AL-IBROHIMY BANGKALAN

DOI:

https://doi.org/10.61815/waladi.v3i1.708

Keywords:

Keterlibatan Orang Tua, Pendidikan Agama Islam, Kunci Sukses Pembelajaran Anak

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan akhlak anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlibatan orang tua dalam pendidikan agama anak sebagai faktor kunci keberhasilan pembelajaran, khususnya di Desa Galis Dajah, Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan orang tua, guru, dan kepala sekolah, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua sangat bervariasi, mulai dari pendampingan mengaji, partisipasi dalam kegiatan keagamaan di sekolah, hingga keterlibatan dalam kegiatan sosial keagamaan masyarakat. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu dan rendahnya literasi digital, keterlibatan emosional dan spiritual orang tua tetap berdampak signifikan terhadap perkembangan religius anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi yang kuat antara keluarga, sekolah, dan masyarakat sangat penting untuk menciptakan pendidikan agama yang efektif, menyeluruh, dan berkelanjutan. Implikasi dari penelitian ini menekankan perlunya strategi peningkatan peran orang tua melalui pelatihan, komunikasi dua arah, dan pemberdayaan komunitas berbasis nilai-nilai Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

MOH TOYYIB. (2025). MEMBANGUN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: KUNCI SUKSES PEMBELAJARAN ANAK DI DESA GALIS DAJAH. WALADI, 3(1), 61–79. https://doi.org/10.61815/waladi.v3i1.708

Issue

Section

Articles