PENERAPAN METODE MENGGAMBAR BEBAS DALAM PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN SIDOTOPO WETAN KEC. SEMAMPIR KOTA SURABAYA

  • Siti Aminah STAI YPBWI Surabaya
  • Fianico Sukmana Rozy Universitas W.R. Supratman Surabaya

Abstrak

Pendidikan anak usia dini adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga enam tahun secara menyeluruh yang mencangkup aspek fisik dan non fisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani (moral dan spiritual), motorik, akalpikir, emosional dan sosial yang tepat agar anakdapattumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian ini dilakukan di TK Harapan Surabaya pada tahunpelajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode menggambar bebas dalam perkembangan kreativitas anak usia dini di TK Harapan Surabaya pada tahun ajaran 2022/2023 serta proses pelaksanaan pembelajaran mengambar bebas pada siswa TK tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya penerapan metode menggambar bebas dalam perkembangan kreativitas anak usia dini di TK Harapan Surabaya dan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran mengambar bebas pada siswa TK Harapan Surabaya Tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode menggambar dapat membantu proses perkembangan aspek kognitif, kecerdasan emosional dan kecerdasan motorik. Selainitu, kreativitas anak juga dipengaruhi oleh dorongan dan motivasidari guru, pemberian hadiah atau reward

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-06-05
Bagian
Articles