Manajemen Asesmen Formatif PAUD berbasis AI-Powered Assessment: Studi Komparatif Efisiensi Guru Dan Akurasi Pelaporan Perkembangan di RA Ta Kottah Daleman

  • Abu Siri STIT Al-Ibrohimy Bangkalan
  • Abdu Azis STIT Al-Ibrohimy Bangkalan

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pengalaman guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam praktik asesmen formatif dengan membandingkan dua pendekatan: pemanfaatan sistem AI-Powered Assessment dan metode tradisional berbasis manual. Tujuan utamanya adalah mengungkap bagaimana guru memaknai efisiensi kerja, menghadapi tantangan manajemen data, serta menjaga akurasi dan kedalaman pelaporan perkembangan anak. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus komparatif digunakan untuk menelaah dua guru di RA Ta Kottah Daleman, Kecamatan Galis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, serta analisis dokumen berupa laporan perkembangan anak. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa integrasi AI secara signifikan menyederhanakan proses dokumentasi dengan mengurangi beban administratif, namun menuntut keterampilan baru dalam validasi dan interpretasi data. Sebaliknya, metode manual memungkinkan laporan yang lebih personal, tetapi cenderung tidak konsisten dan lebih memakan waktu. Kesimpulan utama menegaskan bahwa penerapan AI dalam asesmen PAUD tidak hanya memerlukan infrastruktur teknologi, tetapi juga strategi penguatan kapasitas guru agar mampu memadukan objektivitas sistem dengan sensitivitas profesional mereka, sehingga menghasilkan laporan perkembangan yang lebih komprehensif dan bermakna.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-07-24
Bagian
Articles