PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN ALAT PERAGA KABARU PADA MATERI LUAS PERMUKAAN PRISMA DAN LIMAS

  • Yuliana Alfiyatin STIT Al – Ibrohimy Bangkalan

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung selama ini cenderung berpusat pada guru, siswa tidak diberi kesempatan untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri, serta jarangnya penggunaan alat peraga sehingga siswa merasa kesulitan untuk memahami suatu konsep atau materi, akibatnya siswa menjadi pasif dan pembelajaran menjadi membosankan. Salah satu altertatif model pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengaktifkan siswa sehingga siswa bereksperimen secara langsung menggunakan alat peraga dalam mencari dan menemukan konsep/prinsip matematika adalah penemuan terbimbing dengan alat peraga KaBaRu pada materi luas permukaan prisma dan limas.


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran penemuan penemuan terbimbing dengan alat peraga KaBaRu pada materi luas permukaan prisma dan limas; dan (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran penemuan terbimbing dengan alat peraga KaBaRu dalam mengajarkan materi luas permukaan prisma dan limas.


Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Falah Dakiring-Socah Bangkalan yang terdiri dari 2 kelas parallel. Dipilih kelas VIII-A untuk kelas ujicoba, dan kelas VIII-B untuk kelas eksperimen.


Pengembangan perangkat dilakukan menggunakan model 4-D Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB).


Hasil analisis data menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran penemuan terbimbing dengan alat peraga KaBaRu pada materi luas permukaan prisma dan limas yang dihasilkan baik, ini terlihat dari kemampuan guru mengelola pembelajaran baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran efektif, respon siswa positif, tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif, serta ketuntasan hasil belajar secara klasikal terpenuhi; dan (2)pembelajaran penemuan terbimbing dengan alat peraga KaBaRu efektif dalam mengajarkan materi luas permukaan prisma dan limas, ini terlihat dari kemampuan guru mengelola pembelajaran baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran efektif, respon siswa positif, serta ketuntasan hasil belajar secara klasikal terpenuhi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
How to Cite
ALFIYATIN, Yuliana. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN ALAT PERAGA KABARU PADA MATERI LUAS PERMUKAAN PRISMA DAN LIMAS. AL - IBRAH, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 39-84, dec. 2018. ISSN 2580-0663. Available at: <http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/54>. Date accessed: 18 feb. 2019.
Section
Articles