EKSPLORASI PENGALAMAN SISWA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI MI MIFTAHUL ULUM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial melalui kegiatan pramuka di MI Miftahul Ulum. Keterampilan sosial, yang meliputi kemampuan untuk berinteraksi, berkomunikasi, bekerja sama, dan melakukan adaptasi dalam lingkungan sehari-hari, sangat penting untuk perkembangan peserta didik. Kegiatan pramuka, seperti perkemahan, outbond, dan latihan rutin, dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di MI Miftahul Ulum, khususnya dalam hal komunikasi, kerjasama tim, kedisiplinan, dan leadership. Melalui perkemahan, siswa dituntun untuk me,bangun kerja sama yang baik dan meningkatkan kekompakan dalam setiap regu, sementara kegiatan outbond . Selain itu, latihan rutin di pramuka, seperti baris-berbarimemberikan dampak berupa peningkatan problem solving, komunikasi antar anggota regu dan pertolongan pertama, membantu siswa mengasah keterampilan empati dan saling peduli terhadap sesama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, yang mengutamakan pengalaman siswa dalam meningkatkan keterampilan sosial melalui ekstra pramuka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pramuka memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di MI Miftahul Ulum, yang dapat menjadi faktor pendorong terbentuknya karakter dan pengembangan keterampilan sosial dalam diri siswa yang berguna di lingkungan sekitar mereka..
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ibnu's Amiruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





