PERAN PENGURUS DALAM MENERAPKAN NILAI DISIPLIN BELAJAR PADA SANTRI

  • Khilda Rosyda Mufida IKHAC Mojokerto
Keywords: Kedisiplinan, Peran Pengurus, Santri

Abstract

Kedisiplinan merupakan bentuk ketaatan pada peraturan yang berlaku dan mengacu pada norma-norma yang berlaku, yang dilakukan berdasarkan kesadaran. Amanatul Ummah sebagai Pendidikan dengan system layanan terbaik yang memiliki pelayanan SKS 2 dan 3 Tahun dengan target lulusan yang ahli di bidang IT dan kitab tentunya menerapkan kedisiplinan tingkat tinggi. Maka dalam upaya menerapkan kedisiplinan kepada para santri, adanya peran seorang pengurus sangatlah penting untuk membantu terlaksananya kedisiplinan yang baik. Dengan begitu maka peneliti memberikan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana kedisiplinan belajar pada santri MA Istimewa Program Akselerasi di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto ?, 2) Bagaimana peran pengurus dalam menanamkan nilai disiplin belajar pada santri? Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil beberapa kesimpulan 1) bentuk Kedisiplinan yang diterapkan di Pondok Pesantren Amanatul Ummah khususnya lembaga MAI Amanatul ummah ini yaitu disiplin pemanfaatan waktu, tugas, dan tata tertib yang dapat dilihat dari kegiatan yang ada di pondok pesantren Amanatul Ummah, 2) peran pengurus dan pembimbing yaitu untuk mendampingi, dan mengawasi para santri dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pondok selama 24 jam penuh

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
Rosyda Mufida, K. (2023). PERAN PENGURUS DALAM MENERAPKAN NILAI DISIPLIN BELAJAR PADA SANTRI. GAHWA, 1(2), 16-31. https://doi.org/10.61815/gahwa.v1i2.238
Section
Articles