IMPLEMENTASI METODE QUR’ANI SIDOGIRI DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDA’IYAH

  • Syamsul Hadi IKHAC Mojokerto
  • Fina Surya Anggraini IKHAC Mojokerto
Keywords: Implementasi, Metode Qur’ani, Membaca Al-Qur’an

Abstract

Madrasah Ibtida’iyah Al-Jawahir mulai menerapkan metode baca Qur’an yang dicetuskan oleh Ponpes Sidogiri yang merupakan salah satu pesantren bercorak salaf yang ada di Jawa Timur dengan metode baca Qur’an yang bernama “Metode Qur’ani Sidogiri”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an di Madrasah Ibtida’iyah Al-Jawahir sebelum diterapkan Metode qur’ani Sidogiri, (2) Untuk mendeskripsikan penerapan Metode tersebut dalam menunjang kemampuan membaca Qur’an santri di Madrasah Ibtida’iyah Al-Jawahir. (3) Untuk menganalisis faktor penghambat dalam penerapan Metode tersebut di Madrasah Ibtida’iyah Al-Jawahir. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) sebelum diterapkannya MQS, belum ada penerapan khusus tentang pembelajaran di bidang Al-Qur’an sehingga beberapa santri baik itu yang masih aktif atau yang sudah lulus tidak dapat dijamin kualitasnya dalam bidang membaca Al-Qur’an. 2) MQS mulai diterapkan sejak tahun 2019 dan proses pembelajaran dilaksanakan di pagi hari serta dimasukkan dalam jadwal aktif pembelajaran di jam pertama dengan tujuan agar santri lebih fokus dalam mengikuti pelajaran 3) Adapun faktor penghambat dari proses pelaksanaan MQS yaitu mengenai masalah kedisplinan peserta didik yang masih kurang tertib dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini guru dituntut agar dapat mengatasi masalah tersebut diantaranya dapat dilakukan dengan cara memberikan Reward & Punishment

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
Hadi, S., & Fina Surya Anggraini. (2023). IMPLEMENTASI METODE QUR’ANI SIDOGIRI DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDA’IYAH. GAHWA, 1(2), 1-15. https://doi.org/10.61815/gahwa.v1i2.237
Section
Articles