PENGUATAN DISIPLIN BELAJAR MELALUI INTEGRASI MANAJEMEN WAKTU DALAM PEMBELAJARAN PAI

  • Siti Nurjanah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Hayub Saputri PR Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Karimatul Asfiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Shodikin Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
Keywords: Kedisiplinan Belajar, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Menajemen Waktu

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik melalui penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengintegrasikan manajemen waktu pada siswa kelas X SMK NU Palang. Kedisiplinan belajar dianggap sebagai salah satu aspek krusial yang mendukung kesuksesan akademik sekaligus pembentukan karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dijalankan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa dari dua jurusan, yaitu Akuntansi (AKL) dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam tingkat kedisiplinan belajar siswa, yaitu sebesar 23%. Pada siklus I, persentase kedisiplinan siswa mencapai 42%, kemudian meningkat menjadi 60% pada siklus II. Penerapan strategi manajemen waktu melalui daily planning terbukti efektif dalam mendorong peningkatan kedisiplinan siswa. Penelitian ini memberikan sumbangsih penting dalam pengembangan metode pembelajaran PAI yang lebih terstruktur dan mudah diaplikasikan, sekaligus mendorong kemandirian serta tanggung jawab siswa dalam mengelola waktu belajar mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-30
How to Cite
Siti Nurjanah, Hayub Saputri PR, Karimatul Asfiyah, & Shodikin. (2025). PENGUATAN DISIPLIN BELAJAR MELALUI INTEGRASI MANAJEMEN WAKTU DALAM PEMBELAJARAN PAI. GAHWA, 3(2), 70-85. https://doi.org/10.61815/gahwa.v3i2.560
Section
Articles