UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE BERMAIN BALOK WARNA
Abstract
Penelitian pada anak yang dilaksanakan di RA Banu Imam Masalembu, dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal warna. Karena keterbatasan media yang digunakan, kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna belum sesuai dengan pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun. Hal ini dibuktikan dari 20 anak di kelas hanya terdapat beberapa anak yang mencapai kemampuan mengenal warna yang sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti, peneliti memilih pengenalan warna sebagai sarana yang tepat untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak di RA Banu Imam Masalembu. Dalam pemilihan strategi, pendekatan, dan metode belajar yang tepat juga mendukung keberhasilan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran pada anak usia dini yaitu pembelajaran dengan metode bermain balok warna, pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan yang lebih banyak memberi kesempatan kepada anak untuk menemukan sesuatu yang baru dengan cara-cara yang menarik bagi mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena data yang digunakan berupa angka-angka dan analisis datanya menggunakan statistik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen yaiu dengan
Downloads
Copyright (c) 2023 Maisyarah; Desi Ismawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.