PROBLEM RELASI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DAN UMUM

  • Almi Novita UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mukit UIN Sunan Ampel Surabaya
Kata Kunci: Filsafat Pendidikan, Filsafat Islam, Filsafat Umum

Abstrak

Penelitian ini menginvestigasi perbedaan dan persamaan antara filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam. Filsafat pendidikan Barat cenderung bersumber dari pemikiran rasional manusia yang tak terbatas, memunculkan keraguan karena keterbatasannya pada akal manusia dan memisahkan agama dari ilmu pengetahuan (Antroposentris). Di sisi lain, filsafat pendidikan Islam memiliki landasan pada konsep Tuhan (Theosentris) dengan tujuan yang terkait erat dengan ajaran Al-Quran dan As-Sunnah, menghilangkan keraguan melalui keimanan dan wahyu. Meskipun terdapat perbedaan mendasar, penelitian ini juga menyoroti persamaan antara kedua filsafat tersebut. Keduanya merupakan konsep berpikir tentang kependidikan, dan teori-teori tertentu bersifat konvergen. Teori Nativisme, Teori Empirisme, dan Teori Konvergensi merupakan titik temu antara filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam. Studi ini akan membahas implikasi praktis dari perbedaan dan persamaan ini dalam konteks pendidikan modern, menggali potensi integrasi antara pemikiran Barat dan Islam dalam merancang strategi pembelajaran yang holistik dan berimbang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pendekatan filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam dapat berkontribusi secara positif terhadap pembentukan paradigma pendidikan yang inklusif dan holistik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-12-29
Bagian
Articles