PENGARUH METODE VARIATIF DALAM PEMBELAJARAN AL QUR'AN HADIS TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA
Abstract
Metode variatif merupakan perpaduan antara metode yang satu dengan metode yang lain yang bertujuan untuk membuat suasana pembelajaran tidak monoton, nyaman dan dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Metode variatif yang sering digunakan adalah ceramah, diskusi, resitasi, dan Tanya jawab. Pertanyaan penelitian ini: Adakah pengaruh metode variatif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis terhadap semangat belajar siswa Kelas X di MA Tarbiyatul Athfal Tanodung Laok Guluk-Guluk Sumenep Tahun Pelajaran 2023/2024?. Dan seberapa besar pengaruh metode variatif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis terhadap semangat belajar siswa Kelas X di MA Tarbiyatul Athfal Tanodung Laok Guluk-Guluk Sumenep Tahun Pelajaran 2023/2024? Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif berbentuk korelasi yaitu mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y. Teori yang dipakai adalah teori interaksi sosial Gillin. Metode yang dipakai adalah angket sebagai data utamanya yang dilengkapi dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi yaitu korelasi produk moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y setelah dikonsultasikan dengan “r” tabel nilai atau harga “r” kerja adalah lebih besar dibandingkan “r” tabel yaitu 0.707 yang berarti terdapat pengaruh yang positif antara variabel X dan variabel Y dan menurut Arikunto berada pada rentang kategori Cukup. Dalam artian hipotesis yang menyatakan bahwa metode variatif berpengaruh terhadap semangat belajar siswa diterima. Dan hipotesis yang menyatakan metode variatif tidak berpengaruh terhadap semangat belajar siswa di tolak.
Downloads
Copyright (c) 2024 Ita Yunita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.