PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH

  • Anis Watussholikhah Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto
  • Fina Surya Anggraini Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto
Keywords: Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar, Fikih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa. Kurikulum Merdeka menjadi opsi bagi sekolah untuk melaksanakannya dalam rangka pemulihan pembelajaran. Keunggulan Kurikulum Merdeka dijelaskan oleh Kemdikbud berfokus pada materi yang esensial dan  pengembangan  kompetensi siswa  pada  fasenya  sehingga siswa dapat belajar lebih  mendalam dan bermakna. Peneliti menggunakan variabel independen penerapan kurikulum merdeka dan variabel dependen hasil belajar siswa mata pelajaran fikih. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa MTsN 1 Mojokerto kelas VII. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probality sampling yang menggunakan simple random sampling. Data yang digunakan dalam kuesinoer ini  yang disebarkan ke responden sebanyak 162 responden. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa, hal ini didasarkan pada perhitungan penggunaan IBM SPSS Statistik versi 25 menunjukkan angka t hitung sebesar 11,292 dan t tabel sebesar 0,15625 dengan 162 responden. Dengan demikian hasilnya adalah t hitung 11,292 t tabel 0,15625 dan taraf sig 0,000 0,05, dengan demikian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fikih di MTsN 1 Mojokerto

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-30
How to Cite
Anis Watussholikhah, & Fina Surya Anggraini. (2025). PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH. GAHWA, 3(2), 53-69. https://doi.org/10.61815/gahwa.v3i2.532
Section
Articles