TREN PENELITIAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN: ANALISIS BIBLIOMETRIK

Authors

  • Abu Siri STIT Al-Ibrohimy Bangkalan
  • Moh. Jamaluddin Imron STIT Al-Ibrohimy, Bangkalan
  • Muksin STIT Al-Ibrohimy, Bangkalan
  • Subaidi STIT Al-Ibrohimy, Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.61815/gahwa.v2i2.692

Keywords:

Bibliometrik, Penjaminan Mutu, Pesantren, Pendidikan Islam, Manajemen Mutu Internal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan tren dan perkembangan kajian ilmiah mengenai penjaminan mutu pendidikan di pondok pesantren dalam kurun waktu 2010 hingga 2025 melalui pendekatan bibliometrik. Data diperoleh dari basis data Scopus dan Dimensions, lalu dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer dan Bibliometrik. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan jumlah publikasi dalam topik ini, terutama pasca-ditetapkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Temuan utama mencakup dominasi tema manajemen mutu internal, kepemimpinan instruksional, akreditasi, dan integrasi nilai-nilai khas pesantren dalam sistem mutu. Studi juga menemukan bahwa pesantren unggulan seperti MAN Insan Cendekia dan SMA Dwiwarna telah berhasil mengimplementasikan sistem penjaminan mutu yang efektif dan kontekstual, yang berdampak langsung pada kualitas lulusan dan pengakuan kelembagaan. Visualisasi bibliometrik menunjukkan evolusi tema dari pendekatan teknokratis menuju pendekatan berbasis karakter dan spiritualitas. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pengembangan model mutu adaptif berbasis nilai dan peningkatan kolaborasi riset lintas institusi dan negara untuk mendukung penguatan mutu pendidikan pesantren ke depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Siri, A., Moh. Jamaluddin Imron, Muksin, & Subaidi. (2024). TREN PENELITIAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN: ANALISIS BIBLIOMETRIK. GAHWA, 2(2), 80–93. https://doi.org/10.61815/gahwa.v2i2.692