Peta Posisi Landasan Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Savira Rahmania Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Almas Sharfina ‘Alaniah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61815/alibrah.v9i1.377

Keywords:

Landasan Kurikulum, Pendidikan Islam

Abstract

Kurikulum diartikan sebagai seperangkat rencana dan pengaturan yang berisi tentang tujuan, isi, dan bahan pelajaran. Kurikulum juga digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan tertentu. Landasan atau dasar pengembangan kurikulum diartikan sebagai gagasan dan prinsip yang menjadi titik tolak dalam mengembangkan kurikulum. Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum dalam pendidikan, maka dalam penyusunannya harus mengacu pada landasan yang kokoh dan kuat. Landasan pengembangan kurikulum memiliki peranan yang sangat penting, sehingga apabila kurikulum diibaratkan sebagai sebuah bangunan gedung yang tidak menggunakan landasan atau fondasi yang kuat, maka ketika diterpa angin atau terjadi goncangan, bangunan gedung tersebut akan mudah rubuh dan rusak. Demikian pula halnya dengan kurikulum, apabila tidak memiliki dasar pijakan yang kuat, maka kurikulum tersebut akan mudah terombang-ambing dan yang akan dipertaruhkan adalah manusia (peserta didik) yang dihasilkan oleh pendidikan itu sendiri. Istilah kurikulum sering dimaknai plan for learning (rencana pendidikan).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-30

How to Cite

Rahmania, S. ., & ‘Alaniah , A. S. (2024). Peta Posisi Landasan Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Islam. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 9(1), 117–133. https://doi.org/10.61815/alibrah.v9i1.377

Issue

Section

Articles