INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH STUDY KASUS DI TK TUNAS HARAPANPARSEH SOCAH BANGKALAN

(Interaksi Sosial Anak Tunarungu Study Kasus Di TK Tunas Harapan)

  • ishaq sayhid
Keywords: Interaksi Sosial, Tunarungu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan interaksi
social anak tunarungu di sekolah study kasus di TK. Tunas Harapan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek
penelitian meliputi dua anak tunarungu, satu guru kelas, satu guru pendamping,
dan 3 anak normal di kelas TK-A Tunas Harapan.Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik
analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta
penarikan kesimpulan dan verifikasi.Untuk menguji keabsaan data digunakan
uji kredibilitas dengan tringulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunarungu mampu menjalin
interaksi social dengan sesama tunarungu, anak normal, guru, dan juga guru
pendamping. Interaksi social ditunjukkan dengan menjalin percakapan, makan
bersama, bermain bersama, belajar bersama, menjalin kerja sama dan
sebagainya. Adapun upaya yang telah dilakukan oleh guru kelas untuk
meningkatkan kemampuan interaksi social anak tunarungu yaitu: menempatkan
anak tunarungu untuk duduk dengan anak normal, melibatkan anak tunarungu
dalam KBM, senantiasa memberikan pujian dan motivasi, serta memberikan
arahan pada anak-anak lain untuk memahami kondisi anak tunarungu agar
dapat berteman dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-30
How to Cite
sayhid, ishaq. (2019). INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH STUDY KASUS DI TK TUNAS HARAPANPARSEH SOCAH BANGKALAN . Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 4(1), 69-91. Retrieved from https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/68
Section
Articles