PERSPEKTIF KH HASYIM ASY’ARI TENTANGETIKA MURID TERHADAP GURU DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER

  • Nurul Hidayah UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Etika murid terhadap guru, K.H. Hasyim Asy’ari, Pendidikan Karakter

Abstract

Kondisi degradasi moral yang terjadi di dunia pendidikan Indonesia sekarang ini  memprihatinkan. Banyak ditemukan kasus-kasus tindakan amoral yang terjadi antara murid dan guru. Guru sebagai sosok yang digugu dan dituru sudah tidak berlaku lagi. Minimmnya pengetahuan tentang etika murid terhadap guru.Oleh karena itu murid hendaknya mendapatkan pengetahuan tentang etika itu dari guru itu sendiri, mengkaji buku-buku tentang etika murid, atau mengikuti kegiatan kajian-kajian yang membahas tentang etika murid.Penulisan ini fokus untuk mengetahui etika murid terhadap guru menurut K.H.Hasyim Asy’ari dan relevansinya dalam pendidikan karakter.KH. Hasyim Asy’aridalam kitab Adabul Al A’limWa al Muta’allimdalam materi etika murid terhadap guru ada 12 nilai. memiliki relevansi dengan pendidikan karakter yang dibutuhkan oleh generasi bangsa saat ini.  Diantara keduabelas nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam etika murid terhadap guru yaitu, religius,toleransi, kerja keras, tanggungjawab, sabar, patuh, dan sopan santun. Dari pemaparan diatas, bahwa pendidikan etika dari K.H .Hasyim Asy’ari  melalui kitab Adabul Al A’limWa al Muta’allim masih relevan dengan kondisi pendidikan yang ada di Indonesia saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30
How to Cite
Hidayah, N. (2020). PERSPEKTIF KH HASYIM ASY’ARI TENTANGETIKA MURID TERHADAP GURU DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 5(1), 49-77. Retrieved from https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/90
Section
Articles