MEMAHAMI KONSEP PEMIKIRAN MIND MAP TONY BUZAN (1970) DALAM REALITAS KEHIDUPAN BELAJAR ANAK

Authors

  • Muhammad Husni IAI Al-Qolam Malang

Keywords:

Konsep Mind Map, Tony Buzan, Realitas Kehidupan Belajar Anak

Abstract

Mind Map yang merupakan alat berfikir dan  teknik pencatatan  efektif yang sesuai dengan sistem kerja otak, dilihat dari segi metode dalam pembelajaran dalam usaha mengoptimalkan penggunaan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik.Tony Buzan, bahwa otak manusia terdiri dari 2 belahan, kiri (left hemisphere) dan kanan (right hemisphere) yang disambung oleh segumpal serabut yang disebut corpuss callosum. Mind Map digunakan untuk menvisualisasikan, mengklasifikasikan ide dan menjadi alat bantu untuk belajar, mengorganisasikan informasi, memecahkan masalah, membuat keputusan dan juga membuat catatan yang baik. Mind Map merupakan sebuah cara berfikir dengan menggunakan keseluruhan bagian otak kanan dan juga otak kiri yang melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang, sehingga memunculkan kreativitas baruMind Map sebagai bagian dari metode Inkonvensional dikatakan demikian karena Mind Map merupakan formula yang baru dan masih belum lazim digunakan dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-06-30

How to Cite

Husni, M. (2018). MEMAHAMI KONSEP PEMIKIRAN MIND MAP TONY BUZAN (1970) DALAM REALITAS KEHIDUPAN BELAJAR ANAK. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 3(1), 110–126. Retrieved from https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/45

Issue

Section

Articles